Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Pj Bupati Donggala Dorong Pelaku Usaha untuk Menguasai TIK

Donggala - Penjabat (Pj) Bupati Donggala, Moh. Rifani menghadiri sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) 2024, di aula Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kecamatan Banawa, Selasa (19/3/2024).

Pj Bupati Donggala didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ahnar, dan Kepala Bidang Bidang Aplikasi Informatika dan e-Government, Moh Saleh, serta Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pattakali.

Turut hadir Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado yang diwakilkan Ketua Tim Pengembangan SDM, Qurata Ayuni, dan Kepala SMKN 1 Banawa, Slamet Indradi, serta para instruktur dan narasumber pelatihan DEA 2024.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini merupakan inisiasi BPSDMP Kominfo Manado bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala melalui Dinas Kominfo, bertujuan untuk membekali para pelaku usaha dan calon wirausaha dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun bisnis digital yang sukses.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Donggala menjelaskan bahwa era digital telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis sehingga peluang untuk berwirausaha semakin terbuka lebar.

"Saya yakin bahwa dengan mengikuti pelatihan DEA ini akan memberikan manfaat sangat besar, dengan ilmu dan keterampilan yang diperoleh, para peserta akan mampu membangun bisnis digital yang inovatif dan kompetitif," jelasnya.

Selain itu, Pj Bupati Donggala mengatakan bahwa diperlukan pelaku usaha yang mampu meningkatkan kapasitasnya dalam menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks, mengingat Ibu Kota Nusantara (IKN) berada di depan mata.

"Dalam era digital saat ini, diperlukan talenta-talenta yang mampu menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), apalagi kini peluang semakin terbuka lebar dengan adanya IKN, karena Kabupaten Donggala merupakan wilayah terdekat yang berada di luar Pulau Kalimantan," katanya.

Melalui pelatihan ini, Pemkab Donggala berkomitmen untuk selalu mendorong pengembangan UMKM dan pelaku usaha di Kabupaten Donggala.

"Saya berharap dengan adanya pelatihan ini, dapat melahirkan wirausahawan-wirausahawan digital baru yang mampu membawa kemajuan bagi Kabupaten Donggala," pungkasnya. (MC. Kominfo Donggala/Rs/Jly)