Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Jelang Iduladha, Kadis Nakkeswan Donggala Pastikan Hewan Kurban Aman Dikonsumsi

Donggala - Menjelang Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Nakkeswan) memastikan kesehatan hewan kurban di wilayah tersebut sehingga aman dikonsumsi.

Kepala Dinas (Kadis) Nakkeswan Kabupaten Donggala, Hari Soetjahyo, menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban di seluruh wilayah Kabupaten Donggala. Pemeriksaan ini mencakup pemeriksaan fisik, laboratorium, dan akan ada pemeriksaan antemortem (sebelum penyembelihan).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, hewan kurban yang ada di Kabupaten Donggala dinyatakan aman untuk dikonsumsi. Hewan-hewan tersebut bebas dari penyakit menular yang dapat membahayakan kesehatan manusia,” kata Hari saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/5/2024).

Dia juga mengimbau masyarakat untuk membeli hewan kurban yang sehat di wilayah Kabupaten Donggala. “Masyarakat harus memastikan hewan kurban yang dibeli dalam kondisi sehat dan memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH),” imbaunya.

Lebih lanjut, dia mengingatkan agar masyarakat melakukan penyembelihan hewan kurban dengan cara yang benar dan menggunakan peralatan yang higienis.

“Gunakan pisau yang tajam dan pastikan semua organ dalam hewan kurban dikeluarkan dengan benar,” terangnya.

Dengan adanya jaminan keamanan dan kesehatan hewan kurban ini, diharapkan masyarakat dapat melaksanakan ibadah kurban dengan tenang dan khusyuk.

“Kami berkomitmen untuk memastikan kesehatan dan keamanan hewan kurban, sehingga masyarakat dapat beribadah dengan aman,” tutupnya. (MC Donggala/Win)