BeritaLifestyleNews

Upacara Hardiknas Tkt. Kab. Donggala Tahun 2019

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH bertindak selaku Inspektur upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, di Halaman Kantor Bupati Donggala, Kamis (2/5/2019)

Pidato Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy yang dibacakan oleh Bupati menyampaikan, bahwa kita patut bersyukur karena bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, tanggal 17 April 2019 yang lalu.

Dilihat dari sudut pandang pendidikan, ia menyampaikan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) harus menjadi proses pembalajaran bagi setiap warga negara.

“Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan, ”
ujarnya.

Lanjut disampaikannya bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional.
yang merujuk pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, Pasal 13: menyebutkan “Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. ”

Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Disini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya.

Terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 yaitu:
“Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. ”

Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan SDM yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan dan kecakapan tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompotitif.

Selamat Hari Pendidkan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidkan dan memajukan kebudayaan Indonesia dan semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugrah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta.

Dilanjutkan dengan penyerahan Sumbangan Bencana Alam oleh Direktorat Jendral Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Palu kepada Korban Bencana Alam kepada 12 (Dua Belas) tempat ibadah (Masjid) dan 5 (Lima) Sekolah yang berlokasi di Kabupaten Donggala sebesar  Rp. 96.000.000 (Sembilan Puluh Enam Juta Rupiah) .

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala Drs. H. Aidil Noor, SH.M.Si, Forkopimda, Ketua Tim Penggerah PKK Kabupaten Donggala Hj. Indotang Kasman Lassa, Pimpinan OPD Kabupaten Donggala, Pejabat Eselon II, III, IV dan Pegawai ASN serta Honorer yang ada di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Donggala. **