Senin, Desember 16, 2019
Home > Berita > Bupati Donggala membuka sosialisasi DAK fisik pada bidang pendidikan tahun 2019

Bupati Donggala membuka sosialisasi DAK fisik pada bidang pendidikan tahun 2019

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH membuka Sosialisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik pada Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2019, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Donggala.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudaayaan Kabupaten Donggala Ir. Ibrahim Drakel, MM selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan pendidikan di Kabupaten Donggala pasca bencana alam 80% infrastruktur pendidikan mengalami gangguan dari klasifikasi berat, sedang dan ringan.

Dalam kaitannya dengan itu, kemampuan APBD dengan dana Alokasi Khusus tahun anggaran 2019 telah teralokasi sejumlah kurang lebih 16 Milliar lebih.

angka 16 Milyar lebih adalah angka Yang tidak sebanding dengan kondisi Infrastruktur, ketidaksebandingan ini terjadi karena alokasi khusus itu sudah terprogram sebelum datangnya bencana.

“Namun tentu tidak perlu kita khawatir,
Karena dana alokasi menunjang perbaikan infrastur melalui program yang telah kita ketahui yaitu rencana aksi daerah rehabilitasi dan rekontruksi infrastruktur telah diupayakan dan diusulkan senilai kurang
lebih 500 Milyar, “ujarnya

Pada pidato Hari Pendidikan Pemerintah Pusat telah megeluarkan Kebijakan, bahwa kedepannya penting melakukan pembangunan infrastruktur, tetapi lebih penting lagi persoalan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) .

Sementara bupati dalam sambutannya mengatakan,  kepada sekolah-sekolah yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami pasca bencana yang lalu, pergunakanlah anggaran dengan sebaik-baiknya.

Sehingga ditahun 2019 daerah yang terdampak bencana, dapat kita pulihkan kembali.

“Kelolah Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan baik karena uang itu bukan milik kita, maka uang itu jangan sampai disalah gunakan yang akhirnya membuat kita terjepit dan terjadi pelanggaran pelanggaran
hukum, “ujar bupati.

Dikhir sambutannya bupati berharap menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sesuai dengan peruntukannya karena bukan hanya sesama kita yang mengontrol tetapi masyarakaat juga. **

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala Drs. H. Aidil Noor, SH. M. Si, Kepala Sekolah dan Kepala UPTD.