Senin, Desember 16, 2019
Home > Berita > Pemda Kab. Donggala menerima Tim BPK-RI perwakilan Prov. Sulawesi Tengah

Pemda Kab. Donggala menerima Tim BPK-RI perwakilan Prov. Sulawesi Tengah

Bupati Donggala Drs. Kasman lassa, SH didampingi Wakil Bupati Moh. Yasin, S. Sos beserta jajaran pejabat, menerima Tim BPK RI perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah, di Ruang Kantor Bupati, Kamis (4/4/2019).

Bupati Donggala dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari BPK RI perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah.

Dimana ini merupakan pertemuan awal pada pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Donggala.

“Dengan pertemuan ini, saya berharap dapat menghasilkan saran dan masukkan dari BPK RI perwakilan Provinsi. Sulteng, yang dapat bermanfaat untuk pembekalan bagi pemahaman sistim pelaporan keuangan dan aset, guna sebagai bahan untuk menyempurnakan dan memperbaiki pengelolaan keuangan,” harapnya

Sementara itu, Ketua Tim BPK perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah Irianto Warsito dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini, merupakan acara rutin terkait dengan pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Kabupaten Donggala.

Selain itu tujuan dari pemeriksaan adalah untuk memberikan opini laporan keuangan, dimana opini itu didasarkan pada 4 (empat) hal yaitu:

1. Kesesuaian standar dengan instansi pemerintahan.

2. Kecukupan pengungkapan formasi keuangan dalam laporan keuangan sesuai dengan SAP.

3. Kepatuhan terhadap perun- undangan.

4. Efektifitas pengendalian intern.

Lanjut dikatakannya BPK memberikan 4 (empat) jenis atas laporan keuangan yaitu:

1. Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

2. Wajar dengan pengecualian

3. Tidak memberikan pendapat atau disklemer

4. Tidak wajar

Diakhir sambutannya Irwanto meminta kepada Pimpinan OPD, agar bekerjasama ketika nanti ada tim yang meminta penjelasan dan data untuk pemeriksaan.