BeritaEntertainmentLifestyleNewsPhotographyTak BerkategoriTechnologyTravel

Rakor Optimalisasi Penanganan pasca bencana gempa dan tsunami di Kab. Donggala

Bupati Donggala melalui Wakil Bupati Donggala Moh. Yasin S. Sos memimpin Rapat Koordinasi Optimalisasi Penanganan Pasca Bencana Gempa Bumi dan Tsunami 2018 di Kabupaten Donggala antara OPD dan Lembaga NGO (Non Govermental Organization) di Aula Inspektorat, Kamis (28/3/2018).

Kepala Bappeda Rustam Efendi dalam sambutannya mengatakan rapat koordinasi kali ini, membicarakan lebih kearah tehnis, terkait pemetaan yang sudah dilakukan oleh NGO dan Pemda.

Dimana ditindak lanjuti oleh Pemda dan NGO sehingga merumuskan pemetaan 6 klaster matriks yaitu: pendidikan, kesehatan, ekonomi, klaster manajemen tempat pengungsian, klastergoss dan Klaster perlindungan perempuan dan anak.

Kepala Bappeda meminta kepada seluruh peserta rapat, yang terkait dengan tugas dan fungsinya agar memimpin diskusi kecilnya terkait dengan klaster yang telah disebutkan, agar lebih komunikarif antara Pimpinan OPD dengan lembaga NGO.

Sementara Wakil Bupati dalam arahannya mengucapkan selamat datang kepada rombongan NGO, di Kabupaten Donggala.

“Kepada kita semua, baik Bappeda maupun NGO yang sudah bekerja di lapangan,  yang ada di desa-desa yang telah mendampingi masyarakat agar tetap bersama-sama melakukan koordinasi dan bersinergi  dalam proses penyajian data maupun proses di lapangan, tentang kebutuhan masyarakat, “kata Wakil Bupati Donggala Moh.Yasin.S.Sos

Terlepas dari kegiatan rapat tersebut, pemerintah daerah Kab. Donggala meminta kepada lembaga NGO dan Pimpinan OPD yang memiliki jaringan agar bersama-sama memikirkan pemulihan, karena pemulihan tidak hanya berupa gedung sebagai tempat tinggal dan penyediaan air bersih, tetapi pemulihan dibidang pertumbuhan ekonomi masyarakat yang terdampak bencana, sehingga dengan begitu beban masyarakat menjadi berkurang,

tutupnya. **