BeritaNews

Pembukaan Diklat PIM IV angkatan LXXII di Lingkungan Pemda Kab. Donggala

Pemerintah Kabupaten Donggala Bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun Anggaran 2019, menggelar kegiatan Pembukaan Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan LXXII, Bagi Aparatur Sipil Negara pada Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala, bertempat di Wisma Donggala, Jum’at (22/2/2018).

Asisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Hari Sowarno selaku ketua panitia pelaksana, dalam laporannya menyampaikan
sebagai dasar penyelenggaraan kegiatan, antara lain Undang – Undang no 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan peraturan kepala lembaga administrasi negara nomor 13 tahun 2013 tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV.

DIKLATPIM tingkat IV dilaksanakan selama 97 hari kerja, di mulai tanggal 22 Februari 2019 sampai dengan tanggal 14 Juli 2019, untuk jumlah peserta DIKLATPIM tingkat IV sebanyak 40 orang, yang berasal dari OPD Kabupaten Donggala.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Tengah Dra. Novalina, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan diklat adalah merupakan amanat yang disampaikan dalam peraturan Pemerintah no. 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil.

“Melalui pelatihan kepemimpinan pengawas ini, diharapkan akan menghasilkan pemimpin yang mampu melayani, bukan pemimpin yang dilayani, ” harapnya

Selain itu, metode pembelajaran on off campus juga saat ini dianggap sebagai metode yang pas, karena tidak hanya sekedar membekali peserta dengan pengetahuan melalui pembelajaran di kelas, tetapi juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengalami sendiri proses kepemimpinan melalui pengalaman praktek memimpin proyek perubahan di instansinya.

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH dalam sambutannya mengatakan maksud dari diselenggarakannya kegiatan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (DIKLATPIM) TK. IV ini, agar pejabat dapat menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan di unit kerja dan memimpin perubahan tersebut, hingga dapat menghasilkan manfaat
yang besar bagi kehidupan masyarakt bangsa dan negara.

Di dalam ketentuan Undang – Undang RI no 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mewujudkan ASN yang profesional, memiliki kualitas dan kompotensi serta nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktek korupsi, kolusi dan Nepotisme dapat tercapai.

Dengan demikian, pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan kepemimpinan tingkat IV ini, benar – benar diarahkan untuk peningkatan kompotensi Sumber Daya Aparatur agar dapat merubah main-set pola pikir menjadi lebih profesional, jujur dan adil bertanggung jawab penuh dalam melaksnakan tugas – tugasnya, serta memiliki dedikasi dan loyalitas dalam melayani masyarakat.

” saya minta kepada Kepala Badan Kepegawaian dengan Asisten III agar benar – benar mengurus peserta diklat, kita ingin menerima mereka yang ingin mau betul – betul bekerja dengan baik dan punya sikap mental yang bagus, ” ujarnya

“Kalau kita dapat menghafal Panca Prasetya KORPS dan mencermati isinya, kita tidak akan sia – sia makan gaji karena kita bermanfaat bagi diri kita, bagi orang lain, dan bagi lingkungan serta kita loyal dan disiplin dan ini yang harus kita pahami, ” tegasnya

Diakhir sambutannya bupati berharap melalui pelaksanaan diklat Kepemimpinan Tingkat IV ini,agar mampu menumbuhkan kesadaran bagi seluruh ASN untuk melakukan perubahan tingkah laku dalam melaksanakan aktivitas, baik sebagai abdi negara, Abdi masyarakat maupun sebagai anggota biasa.

Turut hadir Wakil Bupati Donggala, FORKOPIMDA Kab. Donggala, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD Pemerintah Kab. Donggala, Pejabat Eselon III dan Pejabat Eselon IV yang ada di lingkup Pemerintah Kab. Donggala.