Seleksi Tilawatil Qur’an Ke-VII Tingkat Kecamatan Banawa Selatan Tahun 2018, Yang Ditandai Dengan Penekanan Tombol Sirene


Bertempat di Desa Salungkaenu Kecamatan Banawa selatan Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH menghadiri sekaligus membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an Ke-VII Tingkat Kecamatan Banawa Selatan Tahun 2018, yang ditandai dengan penekanan tombol sirene, sabtu 4 Agustus 2018.

Anhar selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan dasar hukum pelaksanaan STQ antara lain Undang Undang Dasar RI tahun 1945 dan Keputusan bersama Mentri dalam Negri dan Mentri Agama No. 182 Tahun 1982 tentang usaha kemampuan baca tulis Al-Qur’an dalam kehidupan sehari hari. Tujuan dilaksanakannya kegiatan adalah untuk mendorong meningkatkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan Al-qur’an dilingkungan keluaga masyarakat dan bangsa kita pada umumnya. Waktu pelaksanaan sabtu, 4 Agustus sampai dengan 8 Agustus 2018.

Lanjut disampaikannya adapun peserta dari Desa Se-Kecamatan Banawa Selatan yang tetdiri dari 19 desa. Jumlah peserta STQ Ke-VII Kecamatan Banawa Selatan 304 Peserta, dan jumlah Official 19 Orang. Adapun cabang yang diperlombakan adalah cabang tafsir bahasa Arab, cabang tahfiz terdiri dari (Tahfidz 1 Jus Putra Putri, Tahfidz 5 Jus Putra Putri, Tahfidz 10 Jus Putra Putri, Tahfidz 20 Jus Putra Putri dan Taffidz 30 Jus Putra Putri), Serta cabang tilawah terdiri dari (Tilawah 10 Jus Putra Putri, Tilawah 20 Jus Putra Putri dan Tilawah 30 Jus Putra Putri).

Camat banawa Selatan H. Kasmudin, SS, MM dalam sambutannya menyampaikan STQ tingkat kecamatan Banawa Selatan yang Ke-VII ini, dimana tuan rumah adalah Desa Salungkaenu dan alhamdulillah bupati, kesuka citaan ber STQ ini tidak hanya dilaksanakan atau dirasakan oleh umat islam di desa salungkaenu, bahkan seluruh kelompok masyarakat banawa selatan ikut bersuka cita dan ikut berkontribusi khususnya paduan suara dalam menyanyikan Mars STQ, ada diantara warga kami yang beragama Kristen.

Lanjut disampaikannya itulah potret bahwa Alhamdulillah saudara-saudara kami seluruh umat ber agama di kecamatan banawa selatan semuanya menggambarkan bahwa STQ ini adalah kesukacitaan, kesyukuran dan kebahagiaan serta kehormatan bagi kami.

Sementara bupati dalam sambutan lepasnya menyampaikan ucapan trimakasih yang secara khusus kepada keluarga umat kristiani dari beberapa desa yang ada di wilayah kecamatan banawa selatan yang ikut serta dalam mensukseskan kegiatan STQ tingkat kecamatan banawa.
Kegiatan STQ adalah kegiatan yg sudah dijadwalkan setiap dua tahun sekali dan Insa Allah pelaksanaan STQ tingkat Kabupaten Donggala nantinya akan dilaksanakan di Desa lero Kecamatan Sindue.

Lanjut disampaikannya dalam pelaksanaan STQ ini tentunya dalam rangka menyaring sekaligus mencari bibit yang akan dipersiapkan pada pelaksanaan STQ tingkat Kabupaten sehingg nantinya pada pelaksanaan STQ tingkat Propinsi Sulawesi Tengah yang diharapkan diikuti oleh anak anak yang tercinta yang paham dan memahami sekaligus mampu mendalami terkait dengan isi dan kandungan Al-Quran yang patut kita maknai bersama sehingga hakikat STQ ini benar benar memberikan nilai dan kontribusi yang besar bagi pembinaan keagamaan.

Diakhir sambutannya bupati berharap kepada semua dan lembaga pendidik agama islam untuk lebih mengarah kepada pembinaan keagamaan, Insa Allah dengan keikut sertaan anak anak kita dari berbagai desa di wilayah kecamatan banawa selatan akan membawa hasil yang baik dan pada gilirannya nanti akan dibawa pada tingkat pelaksanaan STQ tingkat Kabupaten Donggala.

Turut hadir pada acara pembukaan STQ Ke-VII tingkat Kecamatan Banawa Selatan Ketua DPR Kabupaten Donggala, Anggota Dewan Kabupaten Donggala, Forkopimda yang ada di wilayah Kecamatan Banawa Selatan, Ketua LPTQ, Dewan Hakim, Para wartawan baik dari media cetak maupun media elektronik, Camat Banawa Selamat dan Seluruh Kepala Desa yang ada di Wilayah Banawa Selatan.

BACK