Peletakan Batu Pertama Fasilitas Rumah Tahanan Merah Putih Bhakti Bagimu Negeri Kelurahan Ganti

 

 

 

 

 

 

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH didampingi Para Forkopimda,  Asisten dan  Pimpinan OPD Kabupaten Donggala, melakukan kegiatan Peletakkan batu pertama pembangunan fasilitas umum merah putih narapidana bhakti bagimu negeri, Rabu 1 Agustus 2018, Bertempat di Kelurahan Ganti  Jala. Uwe Sudu Kecamatan Banawa.

Kepala Rutan Drs. Safiuddin,  SH dalam laporanya menyampaikan dasar hukum pelaksanaan kegiatan antara lain undang undang RI No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Instruksi Presiden  No. 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Revulusi Mental. Kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan fasilitas umum diselenggarakan oleh Rutan Donggala bekerja sama dengan PEMDA Kabupaten Donggala yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Donggala dan Lurah Ganti, dengan mengusung Tema ” Merah Putih Narapidana,  Bakti Bagimu Negri “. Kepala Rutan juga menyampaikan bahwa jumlah narapidana sebanyak 356 Orang, yang mewakili pada kegiatan peletakkan batu pertama sebanyak 25 Orang.

 

 

Sementara itu Bupati dalam sambutannya mengatakan pemsyarakatan adalah suatu proses theurapoutie para Narapidana pada waktu masuk lembaga pemasyarakatan dianggap berada dalam keadaan tidak harmonis dengan masyarakatnya, mempunyai hubungan negatif dengan beberapa unsur masyarakat, dan karena itu perlu mendapatkan pembinaan agar nantinya dapat menyatuh kembali dengan utuh di dalam masyarakat dengan nilai keharmonisan.

Lanjut disampaikannya secara khusus Pembinaan Narapidana  ditujukan agar selama masa pembinaan dan sesudah selesai menjalankan masa pidananya antara lain berhasil memantapkan kembali harga diri dan kepercayaan diri serta bersikap optimis akan masa depan dan berhasil memiliki jiwa dan semangat pengabdian terhadap bangsa dan negara.
Lebih jauh dikatakannya Saat ini direktorat Jendral permasyarakatan akan mewujudkan secara nyata, konsep dan tujuan sistim pemasyarakatan untuk membentuk warga binaan pemasyarakatan agar menjadi masyarakat seutuhnya, menyadari kesalahan,  memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, dapat aktif berperan dalam pembangunan, dan dapat hidup secara wajar sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab.

Diakhir sambutannya bupati berharap dengan dilakukannya kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial di lingkungan masyarakat oleh pasukan merah putih Narapidana, dapat menjadi usaha dalam menyadarkan narapidana agar dapat menjadi warga negara yang baik sehingga menimbulkan rasa turut dan bertanggung jawab dalam usaha bersama membangun bangsa dan negaranya.

 

    

BACK