Berita

Bupati Donggala Menghadiri Kampanye Imunisasi Campak Dan Pengendalian Penyakit Rubella

Rabu 1 Agustua 2018, bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH menghadiri Kampanye Imunisasi Campak  Dan Pengendalian Penyakit Rubella / Kecacatan Bawaan ” Dan Kampanye Germas ” Gerakan Masyarakat  Sehat ” Kabupaten Donggala. Bertempat Di Desa Loli yang ditandai dengan pemukulan Gong, dan Turut hadir pula Para Pimpinan OPD Pemerintah Kabupaten Donggala.

Kepala Dinas  Kesehatan Kabupaten Donggala H. Muzakir Ladoali, S, Sos, M. Si selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan penyakit campak dikenal juga sebagai morbili atau measles, merupakan penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit rubella yang dikenal dengan campak jerman merupakan penyakit akut dan sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Di Kabupaten Donggala 3 tahun terakhir 2015-2017, cakupan imunisasi campak tahun 2015 sebesar 86,1 % (95%), tahun 2016 sebesar 78,0% (95%) dan tahun 2017 sebesar 81, 7% (95%). Surveilans tidak ada kejadian KLB PD3I (Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi) dan menurut laporan SP2TP penyakit campak dan rubella tidak ada yang dilaporkan.

 

Lanjut disampaikannya sasaran di wilayah Kabupaten Donggala sebesar 87.584 anak terdiri dari sasaran di desa / tempat pelayanan kesehatan/posyandu sebesar 18.245 anak dan sasaran anak sekolah sebesar 69.339 anak dengan jumlah sekolah sebanyak 827 buah terdiri dari PAUD sebanyak 146 buah, TK sebanyak 196 buah, SD/sederajat sebanyak 365 buah dan SMP/sederajat sebanyak 120 buah. Kegiatan kampanye imunisasi MR ini dilaksanakan dua tahap yakni pada bulan Agustus dan bulan september tahun 2018.
Diakhir laporannya beliau mengharapkan kerja sama yang baik dari seluruh pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat agar memperkuat dukungan dan kelancaran dalam pelaksanaan kampanye MR untuk mencapai target sasaran yang telah ditetapkan hingga pelaksanaan  kampanye MR  sukses.
Sementara ditempat yang sama bupati dalam sambutannya menyambut baik diselenggarakannya kegiatan penguatan pencanangan kampanye imunisasi Vaksin baru Measles Rubella (MR)  sehingga kegiatan ini merupakan langkah positif dalam upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang vaksin baru MR kepada seluruh kelompok umur sasaran, dan semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Donggala dan selanjutnya kegiatan ini akan menjadi bagian dari imunisasi rutin bagi anak-anak pada usia 9 bulan, 18 bulan dan murid kelas 1 SD.