Selasa, Maret 31, 2020
Home > Berita > Pelantikan Pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab Donggala periode 2018 s/d 2023

Pelantikan Pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab Donggala periode 2018 s/d 2023

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesiolisme guru secara berkesinambungan maka diperlukan organisasi profesi yang dapat mendukung kegiatan kearah perbaikan mutu guru menyongsong abad 21.

Salah satu organisasi profesi yang berkomitmen dalam meningkatkan kompetensi guru adalah Ikatan Guru Indonesia (IGI). Olehnya itu Sekretaris IGI Propinsi Sulteng Drs. Nanang Triyono Basuki M.Pd melantik pengurus IGI Kab Donggala periode 2018 s/d 2023 Yang disaksikan Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH, diruang kasiromu 21 juli 2018.

Ketua panitia Risma S.Pd M.Pd dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan pendirian IGI sebagaimana tertuang dalam akta IGI yaitu meningkatkan mutu, profesionalisme, perlindungan, daya saingdan kesejahteraan guru.

Selanjutnya memperkuat nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab dan disiplin serta anti korupsi. Memperkuat kompetensi pedagogi, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Membangun budaya literasi disekolah, keluarga dan masyarakat serta yang terakhir melakukan pengabdian pada masyarakat.

Usai menyaksikan pelantikan pengurus IGI Kab Donggala, Bupati Donggala mengatakan kehadiran Ikatan Guru Indonesia sebagai organisasi profesi dengan 67 kanal pelatihan,tanpa menggunakan dana APBN atau APBD tentunya ini sangat membantu Pemerintah mendukung kegiatan kearah perbaikan mutu guru menyongsong abad 21.

“Peningkatan mutu guru tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama baik Pemerintah maupun organisasj profesi serta semua pemerhati pendidikan secara bersama dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru” sebutnya

Dikatakannga hal ini sejalan dengan nawacita Presiden dan Wakil Presiden yaitu penguatan Sumber Daya Manusia, agar menjadi modal yang andal dan siap menghadapi perubahan zaman yang melaju kencang, tak terduga dan multiarah. “Olehnya itu organisasi profesi seperti IGI dan kelompok-kelompok kerja guru hendaknya proaktif dalam upaya meningkatkan kompetensi secara mandiri” jelas bupati.

Lebih jauh bupati berharap semoga kegiatan ini akan berlanjut sampai ketingkat kecamatan untuk bersama-sama berupaya meningkatkan mutu guru. Untuk itu kehadiran pengurus IGI di Kabupaten Donggala hendaknya terus menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah dan selalu menjaga harmonisasi dengan organisasi profesi yang ada, untuk saling bersinergi mewujudkan tenaga pendidikan yang kreatif, inovatif dan kompetitif.

Kegiatan Pelantikan dan Pelatihan Literasi Digital IGI juga dihadiri oleh Pengurus IGI Pusat Anastasia Murtodjo MP, Dewan Pakar IGI Kab Donggala Dr. M Hatta R Tampubolon SH MH juga Dewan Penasehat IGI Kab Donggala Hambali L Tanara S.Sos M.Ap serta dihadiri peserta Diklat Sagusoft 365 (Satu Guru Satu Akun Microsoft 365) berjumlah 66 orang, terdiri dari 17 pengurus IGI Kab Donggala dan 49 anggota resmi IGI berasal dari sekolah-sekolah yang berada di Kab Donggala