Selasa, Maret 31, 2020
Home > Berita > Sosialisasi Kampanye Campak Lintas Program / Lintas Sektor dan Training Petugas Kesehatan Dalam Rangka Kampanye Campak Se-Kabupaten Donggala

Sosialisasi Kampanye Campak Lintas Program / Lintas Sektor dan Training Petugas Kesehatan Dalam Rangka Kampanye Campak Se-Kabupaten Donggala


Senin, 17 Juli 2018

Sosialisasi Kampanye Campak Lintas Program / Lintas Sektor dan Training Petugas Kesehatan Dalam Rangka Kampanye Campak Se-Kabupaten Donggala

Bupati Donggala, Kasman Lassa membuka sosialisasi kampanye campak lintas program / lintas sektor dan training petugas kesehatan dalam rangka kampanye campak tahun 2018 di Jazz Ana Hotel Donggala.

Kegiatan yang dihadiri pimpinan Forkopimda Kabupaten Donggala, beserta jajaran Dinas Kesehatan Donggala serta beberapa kepala OPD Pemkab Donggala ini, merupakan tindak lanjuti dari Surat Mentri Kesehatan RI No.TU.02,01/Menkes/692/2016 tanggal 27 Desember 2016, terkait eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit Rubella / Kecacatan bawaan akibat Rubela tahun 2020.

Untuk mengantisipasi penyakit itu maka dilakukan strategi nasional melalui beberapa kegiatan yang terbagi dalam dua fase, yakni: fase pertama pada 2017 di wilayah Pulau Jawa dan fase Kedua 2018 bulan Agustus – September 2018 akan dilaksanakan secara serentak diseluruh kawasan di luar Pulau Jawa dengan pemberian kampanye dan imunisasi tambahan Campak dan Rubella.

Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut kegiatan ini telah dihimbau melalui surat instruksi dan surat edaran antara lain Surat Mentri Dalam Negeri RI, Surat Mentri Kesehatan RI, Surat Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan Surat Mentri Agama RI, perihal dukungan dalam rangka Kampanye dan Introduksi Imunisasi Measles Rubella (MR) Tahun 2018.

Pelaksanaan imunisasi massal MR bertujuan untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan ambutan rubella yang ada di masyarakat, sasaran pelaksanaan imunisasi di wilayah kabupaten Donggala adalah seluruh anak usia 9 bulan sampai usia di bawah 15 tahun dengan jumlah sasaran sebesar 87.564 anak dan kegiatan ini tidak akan bisa berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh seluruh lintas sektor terkait.

Bupati dalam sambutannya mengharapkan kepada seluruh peserta pertemuan agar dapat bekerja sama dalam menginstruksikan ditiap tingkatan untuk ikut serta dalam pengawasan dan penggerakan masyarakat untuk mencapai sasaran.

Kemudian mendukung demi suksesnya program imunisasi MR dengan penyediaan dan memvalidasi data sasaran serta menghadirkan sasaran di sekolah pada hari pelaksanaan.
Termasuk melaksanakan penyuluhan dan penggerakkan sasaran agar masyarakat dapat menerima informasi sehingga datang sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Disamping itu, menggerakkan aparat pemerintahan desa dan jajarannya di wilayahnya untuk mendorong masyarakat membawa anaknya ke pos-pos pelayanan imunisasi serta terlibat aktif membantu menyukseskan pelaksanaan imunisasi massal MR ini.
Tak kalah penting, melaksanakan sosialisasi di tingkat kecamatan dan desa pada tempat-tempat umum rumah-rumah ibadah.

Khususnya kepada para camat dan para kepala UPTD Puskesmas se Kabupaten Donggala, bupati menekankan agar pasca pertemuan ini disetiap kecamatan / puskesmas untuk melakukan pertemuan yang sama dengan menghadirkan seluruh kepala desa, ketua BPD, tokoh agama, PKK dan tokoh masyarakat dan bagi kepala UPTD pendidikan untuk terus mensosialisasikan keseluruh sekolah yang menjadi sasaran.

Kata bupati, kegiatan ini merupakan langkah positif dalam upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang vaksin baru MR. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Donggala dan selanjutnya kegiatan ini akan menjadi bagian dari imunisasi rutin bagi anak-anak usia 9 bulan, 18 bulan dan murid kelas 1 SD.

“Saya menyambut baik diselenggarakannya kegiatan penguatan kampanye imunisasi vaksin baru measies rubella campak (MR),” tutupnya.