Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Kabupaten Donggala Tahun 2018



Senin, 9 Juli 2018

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH menutup secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Kabupaten Donggala Tahun 2018, Bertempat di Wisma Donggala. Turut dihadiri Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Pimpinan OPD Pemerintah Kabupaten Donggala.

Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Donggala Abdullah Lahinta, selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan hasil penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah untuk pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah di laksanakan di Wisma Donggala mulai tanggal 02 Juli sampai dengan 08 Juli 2018, diikuti oleh 40 Orang peserta, yang terdiri dari 29 Orang kepala sekolah dasar dan 11 orang kepala sekolah menengah pertama yang berasal dari sekolah-sekolah yang ada pada 16 Kecamatan di wilayah Kabupaten Donggala.

Lanjut disampaikannya adapun hasil evaluasi sejak awal hingga berakhirnya kegiatan pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah Kabupaten Donggala tahun 2018, dan setelah melalui rapat evaluasi yang dihadiri oleh para Master Trainer LP2KS solo dan panitia dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Donggala, maka dari 40 Orang peserta pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah 40 Orang dinyatakan Lulus, dengan mempertimbangkan Usia, Tempat Tinggal dan masa kerja Kepala Sekolah.

Dalam sambutannya Bupati Donggala menyampaikan melihat urgensinya dan kompleksnya pendidikan tersebut, maka maju mundurnya pendidikan tidak bisa hanya diletakkan pada pundak pemerintah saja. Semua Stake Holders pendidikan, baik dari sisi software (kurikulum dan sistim pendidikan) maupun hardwarenya (peserta didik, guru, orang tua, pemerintah, lingkungan, infrastruktur pendidikan, keluarga lain-lain), harus turut andil dalam proses keberlangsungan pendidikan. Sehingga pendidikan ini akan membawa hasil sesuai dengan harapan semua pihak, baik pemerintah, masyarakat dan orang tua.

Lanjut disampaikannya sebagaimana tertuang pada permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang kompetensi kepala sekolah yaitu kompotensi manajerial, kompotensi kewirausahaan, kompotensi supervise, kompotensi kepribadian dan kompotensi sosial. Harapan bupati melalui diklat ini kelima kopotensi tersebut sangat diharapkan akan tercapai. Sehingga nantinya akan berimbas pada kemajuan mutu pendidikan khususnya di wilayah Kabupaten Donggala.

BACK