Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945.

Senin, 4 Juni 2018 PJS Bupati Donggala Drs. Muh. Muchlis, MM selaku inspektur Upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945. Turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Pimpinan OPD Pemerintahan Kabupaten Donggala dan para Staf yang ada dilingkup pemerintahan Kabupaten Donggala. Bertempat di Halaman Kantor Bupati Donggala

Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudi Latif dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945-1 Juni 2018 yang dibacakan Pjs Bupati menyampaikan Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Lanjut disampaikannya kita akan memasuki tahun padat politik berupa masa pemilihan kepala daerah disejumlah wilayah serta menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan wakil rakyat. Perayaan Hari Lahir Pancasila juga akan bertaut dengan peringatan Hari Kemerdekaan, kita juga akan menjadi tuan rumah Asian Games. Ini semua menjadi bagian dari pengabdian kita bagi bangsa dan negara kita.

Lebh jauh disampaikannya peringatan hari Pancasila dilaksanakan pada tanggal 1 juni, namun perayaannya bisa dilakukan selama rentang waktu mulai 1 Juni hingga 18 Agustus 2018. Perluasan rentang waktu perayaan Hari Lahir Pancasila itu dimaksudkan semacam napak tilas proses perjalanan perumusan Pancasila yang melibatkan kontribusi berbagai pihak hingga diterima sebagai dasar negara. Selama rentang waktu tersebut, perayaan Hari Lahir Pancasila hendaknya tidak bersifat seremonial belaka melainkan diisi dengan berbagai praktik kebijakan Pancasila sebagai wujud implementasi kelima sila pancasila dalam laku hidup diberbagai bidang.

BACK