Sosalisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Reguler Dan Afirmasi Bidang Pendidikan Pembinaan Sekolah Dasar Kabupaten Donggala Tahun Anggaran 2018


Bertempat di Ruang Kasiromu Kantor Bupati Donggala Pemerintah Kabupaten Donggala melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan Sosalisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Reguler Dan Afirmasi Bidang Pendidikan Pembinaan Sekolah Dasar Kabupaten Donggala Tahun Anggaran 2018, yang di buka secara resmi oleh PJS Bupati Donggala Drs. Muh. Muchlis, MM, selasa 22 Mei 2018.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Donggala Ir. H. Ibrahim Drakel, MM dalam laporannya menyampaikan Kabupaten Donggala merupakan salah satu daerah yang menjadi prioritas nasional sebagai daerah yang mendapatkan Program Dana Alokasi Khusus (DAK) pada bidang pendidikan tahun anggaran 2018.Beliau berharap dengan adanya program ini agar semua kebutuhan satuan pendidikan terhadap sarana dan prasarana pendidikan akan tercapai khususnya di daerah kita cintai yakni di Kabupaten Donggala.

Lanjut disampaikannya tujuan dari pelaksanaan sosialisasi DAK antara lain untuk menyamakan pemahaman tentang penggunaan DAK Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2018 dan untuk meningkatkan ketrampilan peserta sosialisasi terhadap model pembukuan keuangan dengan mekanisme swakelola, adapun peserta sosialisasi DAK yaitu berjumlah 312 Orang, terdiri dari 104 Orang Kepala Sekolah, 104 Orang Ketua Pembangunan Sekolah P2S dan 104 Orang Ketua Komite.

Sementara ditempat yang sama Pjs Bupati Donggala dalam sambutannya mengatakan peningkatan aksebilitas dan mutu pendidikan merupakan salah satu prioritas utama pembangunan di daerah Kabupaten Donggala untuk itu, kami selaku pemerintah Kabupaten Donggala mengharapkan bagi seluruh peserta khususnya sekolah-sekolah penerima Dana Alokasi Khususnya Tahun Anggaran 2018, agar lebih memahami dan melaksanakan program dengan amanah, efektif, efesien, transparan dan akuntabel yang berpedoman pada peraturan Presiden No. 5 Tahun 2018 berubah atas peraturan Presiden No. 123 Tahun 2017 tentang petunjuk tekhnis kegiatan Dana Alokasi Khusus, sehingga penyerapan Dana APBN khususnya DAK sesuai dengan rencana.

Sebelum menutup sambutannya Pjs bupati menyampaikan secara khusus kepada para kepala sekolah penerima Dana Alokasi bahwa pelaksanaan pembangunan dengan program Dana Alokasi khusus tahun 2018, dilaksanakan secara swakelola oleh sekolah dan panitia pembangunan sekolah, sehingga tidak dapat dikontrakkan untuk dikerjakan kepada pihak lain.

Dilanjutkan dengan penandatangan MOU secara simbolis oleh perwakilan kepala sekolah SDN 6 Rio Pakava beserta Ketua Komite, SMP Negeri 4 Banawa beserta Ketua Komite, Kepala seksi kelembagaan Sarana dan Prasarana Bidang SD, dan SMP selaku PPTK DAK Tahun Anggaran 2018 dan Kadis Pendidikan dan Kebudaayaan Kabupaten Donggala, yang disaksikan oleh Pjs Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala dan Kepala Kejaksaan Negeri Donggala.

Kegiatan sosialisasi dihadiri Sekretaris Daerah Kab.Donggala, Kepala Kejaksaan Negeri Donggala, Kepala DPPKAD kab. Donggala, Kepala Bidang Pembinaan SD dan SMP Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kab. Donggala, Kepala seksi kelembagaan, sarana dan prasarana SD dan SMP Dinas PendidikanDan Kebudayaan Kab. Donggala selaku PPTK sekaligus sebagai Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi DAK Tahun Anggaran 2018.

BACK