Peresmian Deklarasi Desa Pantai Sehat Berbasis Religi, yang ditandai dengan pemukulan Gong.Bertempat di Desa Kaliburu Kecamatan Sindue

Minggu, 13 Mei 2018

Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bapak Ardiansyah Lamasituju meresmikan Deklarasi Desa Pantai Sehat Berbasis Religi, yang ditandai dengan pemukulan Gong.Bertempat di Desa Kaliburu Kecamatan Sindue. Turut dihadiri Oleh Rektor Universitas Alkhairat Bapak Dr. H.Hamdan Rampadio, SH., M. H, Ketua yayasan Insan Cita Indonesia Ibu Hj. Nilam Sari Lawira, S. P. M. P, Para pimpinan OPD Pemerintah Kabupaten Donggala, Kepala Sekolah SMA/SMK/MA seluruh Kabupaten Donggala,Camat Se-Kabupaten Donggala dan Lurah/Kepala Desa Se-Kabupaten Donggala.

Sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Sataf Ahli Gubernur menyampaikan konsep religi yang islami dalam mengelola Sumber Daya Alam Pantai, saya nilai sangat tepat dilakukan sebagai upaya protektif melindunginya dari kerusakan Alam akibat Abrasi dan ulah manusia yang tidak disadari justru mengancam ekosistem atas pemanfaatan Sumber Daya di luar batas. Yang cenderung mendatangkan musibah kemudratan dari pada berkah kemaslahatan.

Gubernur berharap melalui Edukasi pemberdayaan warga kaliburu oleh rekan-rekan Civitas Alkhairat selain berdampak positif membina silaturahmi, juga dapat memperkaya database riset dan pengabdian sosial institusi kemasyarakatan yang bersinkronisasi dengan implementasi nilai-nilai tri dharma perguruan tinggi.

saya atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, dengan ini mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas bergulirnya Deklarasi pantai sehat berbasis religi. Diakhir sambutannya Gubernur berkeinginan agar Deklarasi pantai sehat berbasis religi ini, agar tidak menjadi seremonial saja, tetapi saudara agar konsisten dalam merealisasikan bakti pengabdian kewarga dan lingkungan pantai di Desa Kaliburu dapat terjaga dan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Sementara Pjs Bupati dalam sambutannya mengatkan sebagai Pjs Bupati Donggala mengetahui betul bahwa keterlibatan perguruan tinggi dalam mengimplementasikan hasil-hasil riset dimasyarakat merupakan bagian dari upaya merubah pola pikir yang baik. Inilah merupakan tugas pokok para pendidik termasuk Dosen yang berada diperguruan tinggi.

Pjs Bupati berharap kegiatan hari ini bukan sekedar Deklarasi tetapi lebih ditekankan pada impelementasi atau akselarasi dimasyarakat, Insa Allah seluruh desa-desa yang berada di Kabupaten Donggala menjadi tempat penelitian dan pengabdian bagi Civitas Akademik Universitas Alkhairat Palu. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Donggala bersedia bekerjasama demi mewujudkan Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala yaitu “Masyarakat Kabupaten Donggala Yang Maju Dan Sejahtera Berbasis Sumber Daya Manusia Dan Pembangunan Berkelanjutan”.

Terkait dengan Tahun Pilkada Pjs Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Donggala untuk bersama-sama menjaga agar pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Donggala Tahun 2018 ini dapat berlangsung dengan jujur, adil, aman dalam situasi yang kondusif, sehingga dapat terwujud pemilu yang berkualitas.

BACK