Pelaksanaan Apel Siaga pada Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional(HKBN) Tahun 2018



Kamis, 26 April 2018 Badan Penanggulan Bencana Daerah menggelar Apel Siaga,Pjs Bupati Donggala Drs. Muh. Muchlis, MM bertindak sebagai Pimpinan Apel Siaga pada Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional(HKBN) Tahun 2018.Kamis, 26 April 2018, Bertempat di Halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Donggala.Turut dihadiri oleh Wakapolres Donggala Kompol Abubakar Djafar dan Para Pimpinan OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala.

Pjs Bupati dalam sambutannya mengatakan berdasarkan hasil Kajian resiko bencana yang telah diterbitkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2015 ditetapkan bahwa ada 11 Jenis Potensi Bencana yang Berada di Kabupaten Donggala, 9 diantaranya memiliki Indeks resiko Bencana sedang sampai tinggi dan telah terjadi Bencana antara lain Bencana banjir, banjir Bandang, Gempa Bumi, Tsunami, Gelombang Pasang, Puting Beliung, kekeringan, Tanah Longsor, Kebakaran Lahan/hutan dan Kebakaran Gedung/Pemukiman.

Lanjut dikatakannya dengan berbagai bahaya/ancaman yang ada di Indonesia Khususnya di Kabupaten Donggala, maka kita perlu bertanya “Mengapa Perlu Hari Kesiapsiagaan Bencana Pada Tanggal 26 April” dilaksanakan.
Hal ini dilakukan untuk mengingatkan bahwa Daerah kita memiliki tingkat kerentanan, keterpaparan masyarakat dan potensi ancaman sangat besar sebagaimana telah di ilustrasikan di atas, maka diperlukan perhatian pemerintah Daerah dalam mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi Bencana melalui pelatihan dan sosialisasi.

Lebih jauh Pjs Bupati mengatakan Tema pada hari kesiapsiagaan Bencana Nasional pada Tahun 2018 ini yaitu ” Siaga Bencana Dimulai Dari Diri Kita, Keluarga Dan Komunitas”. Tema ini dimaksudkan sebagai upaya untuk merubah prilaku masyarakat menuju budaya aman bencana dengan melakukan edukasi publik melalui gerakan kesiapsiagaan dan meningkatkan kemampuan seluruh komponen Pemerintah, Organisasi, Masyarakat, komunitas serta khususnya keluarga dan individu itu sendiri.
Pjs Bupati berharap kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana dengan pesan berupa “TAGLINE” Siap, Untuk selamat.

Di samping itu Pjs Bupati mengatan untuk tahun 2018 BPBD Kab. Donggala telah mengusulkan penambahan peralatan dan Mobil melalui BNPB, yang insa Allah pada tahun 2019 akan mendapatkan bantuan Mobil Truck serba guna, Motor Taril dan perahu dan telah disepakati pada rapat Koordinasi BPBD Se-Propinsi Indonesia di Surabaya Propinsi Jawa Timur.
Dilanjutkan dengan Atraksi Bongkar Pasang Perahu Lipat.

BACK