Perayaan Hari Kartini Yang Ke-139 Tahun 2018

Senin 23 April 2018, Pjs Bupati Donggala Drs. Muh.Muchlis menghadiri Acara Perayaan Hari Kartini yang Ke-139 Tahun 2018, Kabupaten Donggala dengan Tema Meningkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan Dengan Semangat Kartini. Bertempat di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala.

Turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Para Forkopimda, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Kepala OPD Pemerintah Kab. Donggala. Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kab. donggala bersama Anggota, Ibu Ketua Dharma wanita Persatuan Kab. Donggala bersama Anggota, Ibu Ketua Ikatan Keluarga Dewan Kab. Donggala Bersama Anggota dan Ibu-ibu Organisasi Wanita Se-Kabupaten Donggala dan Para Pimpinan Bank Cabang Donggala.

Ny. Made Maha, selaku Ketua Panitia Pelaksana Perayaan Hari Kartini dalam laporannya menyampaikan Dasar pelaksanaan Kegiatan ini antara lain Keputusan Presiden Nomor 108 Tahun 1964 Penetapan Almarhumah R. A Kartini sebagai Pahlawan Nasional dan Surat keputusan Bupati Donggala Nomor : 188.45/0230/DPP&PA/2018 tanggal 2 April 2018 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara Peringatan Hari Kartini Tingkat Kabupaten Donggala Tahun 2018,

Sedangkan Maksud dan tujuan pelaksanaan Hari Kartini tahun 2018 adalah mengenang kembali perjuangan dan semangat kartini sebagai sosok pejuang Emansipasi Wanita, Untuk memperkuat dan memperluas Pemberdayaan Perempuan Indonesia maupun dunia secara luas dan untuk memperkuat penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dari muka bumi, dengan sasarannya yaitu untuk meningkatkan kualitas Perempuan dengan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada Perempuan untuk berperan dan ikut berpatisipasi dalam pembangunan.

Sambutan sesepuh Organisasi Perempuan pada hari kartini oleh Ibu Nurhayati B. Muchlis menyampikan tidaklah berlebihan jika perempuan Indonesia sekarag ini sudah mampu berbicara dan menduduki jabatan sejajar dengan kaum laki-laki, ini menunjukkan bahwa bangsa kita khususnya kaum perempuan benar-benar telah menyadari betapa pentingnya peranan dan kemampuan kau perempuan dalam menegakkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Diakhir sambutannya Beliau menghimbau kepada ibu-ibu, genersi muda dan organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Donggala untuk senantiasa mengembangkan potensi diri, berkarya dan ikut serta membangun Daerah, Bangsa dan Negara serta bersikaplah sebagaimana yang tercermin dalam pribadi kartini.

Perempuan haruslah terus bercahaya tidak boleh Padam dan terus semangat agar dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilannya maupun untuk pemberdayaan Ekonomi kreatif yang berkualitas namun wanita tidak boleh keluar dari kodratnya sebagai wanita. Semoga dengan Peringatan Hari Kartini ini akan muncul Kartini-kartini baru yang melegenda seperti sosok ibu Kartini dan dapat meningkatkan Harkat dan Martabat Perempuan Indonesia. Pjs

Bupati Donggala Drs.Muh.Muchlis,MM dalam sambutannya menyampaikan saat ini kaum perempuan telah menjadi bagian dari kebijakan, suara kaum perempuan menjadi penting didengar dan diaktualisasikan dikehidupan sosial dan kemasyarakatan yang tentunya akan membuat suasana menjadi terasa lebih teduh dan sejuk dengan sentuhan ide dan pemikiran kaum perempuan.

Lanjut disampaikannya sisi lain tujuan Peringatan Hari Kartini adalah untuk meningkatkan kepada kita semua bahwa perempuan diberikan peran yang maksimal dalam pembangunan keluarga, bangsa dan negara.Pjs Bupati juga menambahkan Hari kartini yang kita peringati setiap tahun, hendaknya bukan hanya kita jadikan sebagai seremonial semata dan mengikuti lomba untuk mendapatkan juara namun Hari Kartini harus kita maknai lebih dalam sebagai perjuangan seorang Wanita yang telah mengangkat kesetaraan gender.

Diakhir sambutannya Pjs Bupati berharap dengan peringatan Hari Kartini Tahun 2018 kaum perempuan dapat menjadi kaum yang berbudaya maju, Harmonis dan memiliki rasa empati dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan kesetaraan gender didalam mengisi Pembangunan, serta menjadi teladan bagi kaum perempuan dilingkungan masing-masing.

 

BACK