Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Donggala dengan Tema “Pembangunan Berbasis Sumber Daya Lokal Untuk Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Melalui Penguatan Infrastruktur, Penciptaan Daya Saing dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia”

Selasa, 27 Maret 2018

PJS Bupati Donggala Drs. Muhammad Muchlis, MM. membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Donggala dengan Tema “Pembangunan Berbasis Sumber Daya Lokal Untuk Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Melalui Penguatan Infrastruktur, Penciptaan Daya Saing dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia”. Yang bertempat di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Donggala, para Forkopimda, para Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Donggala dan para Camat Se-Kabupaten Donggala,

Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Donggala Rustam Efendi, Spdi,.SH,.M,.AP. dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan rangkaian kegiatan perencanaan pembangunan yang dimulai dari Musrenbang desa itu sudah berjalan, dan difasilitasi langsung BPMPD lalu kemudian meningkat kepada kegiatan MUsrenbang Kecamatan yang difasilitasi langsung oleh BAPPEDA, pelaksanaan perencanaan dengan berbasis AITI kemudian pelaksanaan FORUM OPD. Meskipun aktifitas rancangan dijalankan di Kabupaten Donggala sudah berjalan, walaupun masih ada yang kurang atau belum sempurna tapi alhamdulillah itu pelaksanaan sudah berjalan dengan lancar melalui proses Musrenbang Kecamatan.

Lanjut laporannya yang menguatkan program kegiatan yang disampaikan oleh Desa sampai kepada Forum OPD insha allah sudah berjalan maksimal, dan alhamdulillah berkat partisipasi dari semua pihak baik itu dari Desa melalui Operator dan dari Kecamatan serta para Anggota Dewan yang terhormat sudah melaksanakan BIMTEK, kami melihat aplikasi itu sudah ada yang menginput. Ini artinya bahwa perencanaan partisipasi semua pihak serta dengan pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Donggala berbasis aplikasi ini bisa dikatakan sudah berjalan meskipun masih ada kekurangan.
Harapan kita pada akhirnya ketika masuk pada Forum OPD sifatnya berbentuk Aspiratif, Transparan dan Akunbilitas.

Sambutan PJS Bupati Donggala menyampaikan Musrenbang RKPD Kabupaten Donggala tahun 2018 ini sangat berbeda dengan pelaksanaan Musrenbang tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada prizes pengusulan program dan kegiatan, baik usulan tersebut bersal dari Desa, Kecamatan, OPD maupun pokok-pokok pikiran DPRD. Pada tahun sebelumnya usulan Desa, Kecamatan, OPD maupun pokok-pokok pikiran DPRD bersifat manual atau Konvensional dalam bentuk Hard Copy. Namun, untuk usulan program dan kegiatan yang akan dibahas dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Donggala tahun 2018 bersifat On Line melalui E-Planning.

Diakhir sambutannya PJS Bupati mengucapkan terima kasih kepada Kepala BAPPEDA Kabupaten Donggala dan jajarannya yang telah melaksanakan kegiatan ini, dapat menghasilkan usulan program dan kegiatan yang berkualitas untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Donggala kemudian untuk ditindak lanjuti untuk dilaksanakan,

Sambutan Kepala BAPPEDA Prop. Sul-Teng yang diwakili oleh Kepala Bidang Pernecanaan Ekonomi Ricard Analdo Djanggola, SE,.M,.SA. menyampaikan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa musyawarah perencanaan daerah atau musrenbang merupakan salah satu instrumen dari sistim perencanaan pembangunan National yang diatur dalam UU No. 25 Tahun 2004 tentang sistim perencanaan Pembangunan National dan UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan dan Daerah. Musyawarah RKPD Donggala ini merupakan Forum Musyawarah dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam merumuskan program kegiatan pembangunan Daerah tahun 2019 di Kab. Donggala dengan tujuan utamanya adalah terwujudnya kesamaan Pangan serta kesiapan untuk mengantisipasi tentang dan peluang yang akan dihadapi di Kab. Donggala tahun 2019.

BACK