Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ” Penajaman Sasaran Program/Kegiatan Guna Mewujudkan Pemerataan Pembangunan Untuk Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Melalui Pembangunan Infrastuktur, Pencipta Daya Saing dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia “.

Rabu, 21 Maret 2018

Sekretaris Kabupaten Donggala H. Aidil Nur SH,.M.Si membuka secara resmi Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ” Penajaman Sasaran Program/Kegiatan Guna Mewujudkan Pemerataan Pembangunan Untuk Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Melalui Pembangunan Infrastuktur, Pencipta Daya Saing dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia “. Yang bertempat di Aula Kantor BAPPEDA Kabupaten Donggala. Turut dihadiri oleh para Kepala OPD Pemerintahan Kabupaten Donggala dan Camat Sekabupaten Donggala.

Laporan Kepala BAPPEDA Kabupaten Donggala Rustam Efendi S.Pd,.SH,.M.Ap menyampaikan kami jujur dan sadar bahwa aplikasi e-Rando Gaya, katakanlah dalam perencanaan dinilai canggih karena kita betul-betul sudah konsisten dan komitmen dengan hal itu, tapi kami yakin sekali bahwa sebagus atau seunggul-unggulnya aplikasi ini kemampuan manusialah yang lebih hebat, makanya pandangan kami melihat bahwa jalannya aplikasi Perencanaan dalam kontes aplikasi ini akan berjalan maksimal kalau mendapatkan dukungan dari semua pihak. Kami berharap aplikasi ini betul-betul menjadi sebuah sarana yang mengakses semua kepentingan rencana Pembangunan dan diBekup oleh semua pihak.

Sambutan PJS Bupati Donggala M. Muchlis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala menyampaikan sesuai dengan amanat Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, bahwa penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) harus didahului dengan istilah Musrenbang. Musrenbang diawali dari Musrenbang Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Munsrenbang Nasional.

Lanjut disampaikannya Forum Perangkat Daerah merupakan Forum sinkronisasi pelaksanaan urusan Pemerintahan Daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat Daerah Kabupaten Donggala yang bertujuan untuk memperoleh masukkan dalam rangka Penajaman Target Kinerja Sasaran, Program dan Kegiatan, Lokasi dan Kelompok Sasaran.

PJS Bupati yang disampiakan oleh Sekda mengingatkan kembali kepada perserta forum, bahwa program dan kegiatan yang menjadi prioritas daerah bertumpu pada tiga hal antara lain Pengentasan Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi yang inklusif merata dan berkualitas, maka tiga acuan inilah hendaknya menjadi acuan pertimbangan untuk menentukan program dan kegiatan yang akan dimuat dalam RKPD.

Diakhir sambutannya PJS Bupati berharap semoga dengan Forum ini, dapat menghasilkan usulan program dan kegiatan yang berkualitas untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Donggala.

BACK