Bupati Donggala Resmi Pabrik Pupuk NPK Milik PT. Cipta Agro Nusantara Di Desa Talaga

Bupati Donggala Kasman Lassa meresmikan operasional pabrik pupuk NPK milik PT Cipta Agro Nusantara (PT CAN) di Desa Dalaka, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Minggu (11/2/2018)

Pabrik pupuk  NPK yang berdiri diatas tanah seluas 9 Hektar ini berkapasitas produksi sebesar 250 ton perjam, atau 100.000 ton per tahun. PT CAN sendiri merupakan anak perusahaan dari PT Astra Agro Lestari.

“Tidak menutup kemungkinan kapasitas produksinya akan bertambah hingga mencapai kapasitas maksimum yakni 200.000 ton per tahun,” ujar Doni Yoga, Direktur keuangan PT CAN dalam sambutannya.

Doni menjelaskan, pabrik pupuk terbesar di Sulteng ini mulai dibangun pada bulan Juni 2016. Pada pertengahan 2017 dilakukan uji coba alat-alat dan mesin.

“Insya Allah hari ini dapat diresmikan secara resmi oleh bupati Donggala. Saya bangga dengan pak bupati karena sangat luar biasa semangatnya,” kata Doni.

Doni berharap Pabrik pupuk NPK di desa Dalaka, tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan internal Astra Agro namun juga kebutuhan NPK di Sulawesi. Menurut Doni, pendirian pabrik pupuk NPK ini juga bertujuan karena pupuk makanan nyata tanaman.

Pada kesempatan itu, Doni juga meluruskan tentang adanya isu bahwa PT CAN tidak membangun instalasi penyimpanan sementara limbah B3 atau limbah beracun. Di jelaskannya, pabrik pupuk di Dalaka hanya proses micxing atau pencampuran. Beberpaa jenis pupuk dicampur menjadi satu.

“Pabrik ini hanya melakukan proses pencampuran saja. Kita beli pupuk Urea, KCL, Kospat dijadikan satu namanya pupuk majemuk. Insya Allah limbahnya sangat minim sekali,” paparnya.

Menurut Doni, untuk menjaga keberlangsungan perkebunan, maka perlu mendirikan pabrik pupuk. Produk ini akan digunakan sendiri dan selebihnya untuk masyarakat. Hal ini menjadi salah satu program PT CAN yakni IGA (Igries Generit Atavette) program pemberdayaan petani di sekitar perkebunan.

Sementara itu, bupati Donggala, Kasman Lassa mengatakan saat ini Donggala sedang menuju untuk menjadi daerah lumbung industri. Kasman berharap agar masyarakat menjaga keberlangsungan kegiatan industry tersebut.

Disampaikannya, sebuah daerah akan maju bila ada usaha atau industry di daerah tersebut. Pemda ungkap dia berkomitmen untuk mempermudah administrasi pelayanan di Donggala agar investasi dapat berjalan lancar.

Usai meresmikan operasional pabrik pupuk NPK, Kasman Lassa menandatangani prasasti dan melakukan penanaman pohon pelindung produktif di areal pabrik tersebut.

 

BACK