Bupati Donggala Meresmikan Pemanfaatan Air Bersih (PAMSIMAS) di Desa Loli Tasiburi

Buapati Donggala Drs. Kasman Lassa SH meresmikan Dan Melakukan Serah Terima Pekerjaan Program Nasional Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasisi Masyarakat (PAMSIMAS) Se Kabupaten Donggala Tahun Anggaran 2017, yang dipusatkan di Dusun Tolo Desa Tasiburi Kecamatan Banawa, Pada Hari Senin 22 Januari 2018. Turut dihadiri oleh Para Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Donggala, Camat Banawa dan Para Pimpinan Muspika Kecamatan Banawa.

Laporan Ketua Panitia Bapak Sofyan Rauf. S. Pt. M. P selaku Pejabat Pembuat Komitmen Program PAMSIMAS menyampaikan Latar belakang kegiatan serah terima merupakan rangkaian kegiatan Program PAMSIMAS sebagai bukti bahwa pelaksanaan kegiatan sudah selesai dilakukan oleh KKM dan SATLAK baik secara administrasi maupun Fisik dan selanjutnya Pemeliharaan oleh BP-SPAMS. Yang sudah dibentuk saat Program Berproses. Kegiatan serah terima bertujuan antara lain Sebagai Wujud dari Pertanggung jawaban kegiatan Program PAMSIMAS yang dilaksanakan oleh masyarakat yang dimonitori oleh KKM (Kelompok Keswadaya Masyarakat, SATLAK, dan BP-SPAMS) dan sebagai bentuk Kerja sama dari semua unsur terdiri dari : Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, masyarakat dan Pendamping Program.

Lanjut disampaikannya adapun harapan yang dituju dalam kegiatan ini antara lain Serah terima estafet kegiatan pelaksanaan yang dilakukan KKM / SATLAK ke BPSPAMS dan serah terima merupakan langkah awal Proses Pemeliharaan oleh masyarakat. Adapun Peserta kegiatan ini meliputi Pelaku program PAMSIMAS ditingkat Desa. Adapun Desa – Desa sasaran PAMSIMAS terdiri dari Pertama Desa Pembiayaan APBN terdiri 8 Desa, Desa Pembiyaan APBD terdiri dari 2 Desa dan Desa HIbah air Minum Perdesaaan terdiri dari 4 Desa.Total Desa 14 Desa tersebar di 7 Kecamatan. Menunjuk Desa loli tasiburi Kecamatan Banawa Faktor Partisipasi masyarakat dan Pemerintah Desa yang Proaktif pada kegiatan ini serta Desa Loli tasiburi merupakan Desa tercepat Penyelesaian kegiatan. Ini semua merupakan Bentuk kerjasama dan rasa Kebutuhan akan air minum khususnya pemerintah Desa KKM /SATLAK Desa Loli Tasiburi.

Bupati Donggala dalam sambutannya menyampaikan Air sebagai kebutuhan utama kehidupan seharusnya dapat terpenuhi secara Kuantitas, Kualitas, Terjangkau, dan Kontinyu. Namun masih banyak Masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan air bersih yang layak, terutama masyarakat berpenghasilan rendah di perdesaan dan pinggiran kota. Program PAMSIMAS adalah salah satu program andalan pemerintah dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan dan pinggiran kota melalui pendekatan berbasis masyarakat.

Lanjut disampaikannya saat ini capaian Akses air minum 69% dan capaian Akses sanitasi mencapai 71,53 % artinya masih dibutuhkan tambahan 28,47% untuk akses sanitasi sehingga pemerintah Daerah berupaya mencapai target Nasional 100% ditahun 2019.Melalui acara penyerahan hasil kegiatan PAMSIMAS tahun Anggaran 2017 ini saya ingin menekankan Bahwa Peranan Strategis pemerintah Desa, kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Dan Badan Pengelola sarana Penyediaan air minum dan Sanitasi (BP-SPAMS) dalam pelaksanaan kegiatan PAMSIMAS ditingkat masyarakat perlu ditingkatkan.

Dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita acara serah terima kegiatan PAMSIMAS tahun Anggaran 2017, secara simbolisi yang akan diserahkan oleh DPMU / Kepala SATKER PIP Bapak Ir. H. Syafrullah Lukman M. Si kepada KKM Desa Loli Tasiburi Bapak Rusman Bou. Dan Dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara serah terima Pengelola SPAM diserahkan oleh Koordinator KKM Simporoa Bapak Rusman Bou Kepada Ketua BP, SPAMS, Bapak Muhlis Pendamping Fasilitator Senior Andi Mu’min ST, Kepala Desa Loli Tasiburi Suaib, Fasilitator Masyarakat Pemberdayaan Ulfa S. Sos dan Monalisa SH. Bupati Donggala menyaksikan.Dilanjutkan Dengan Pengguntingan Pita.

BACK