Bupati Donggala Melakukan Gebyar Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB) di Desa Toaya

Kamis 21 Desember 2017, bertempat di Desa Toaya Vunta  Kecamatan Sindue, Bupati Donggala melakukan Gebyar Siwab (Sapi Induk Wajib Bunting).  Yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Donggala, Wakapolres Kabupaten Donggala, Para Kepala OPD dipemerintahan Kabupaten Donggala, Kepala Cabang Asuransi Jasindo, Kepala SPNF Mapande dan Camat Sindue.

Sambutan Kepala Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan kabupaten Donggala Anhar, S, Hut, M. Si menyampaikan Kementrian Pertanian mengintensifkan program Upaya Khusus (Upsus) sapi indukan wajib bunting (SIWAB) yang bertujuan meningkatkan populasi dan produksi ternak Rumanansia besar. Perlu kami laporkan kepada Bupati bahwa pada tahun 2017 ini, Dinas Peternakan mendapat anggaran sebesar Rp 5.881.444.400,- yang terdiri dari tiga program dan 8 kegiatan.Diakhir sambutannya kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sangat mengharapkan kiranya Program dan kegiatan ini bisa ditingkatkan anggarannya ditahun yang akan datang sehingga kami bisa bekerja lebih Optimal. 

Bupati Donggala Drs.Kasman Lassa dalam sambutannya menyampaikan saya selaku Bupati Donggala merasa bangga apabila seluruh aparatur di wilayah ini telah berinisiatif untuk memotivasi masyarakat peternak, utamanya kepada Penyuluh, insiminator dan para medis Veteriner yang kesehariannya bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam rangka memanfaatkan potensi Sumberdaya Alam yang kita miliki. Saya menyadari bahwa apa yang telah dicapai oleh Kabupaten Donggala ini belum mencapai sesuai yang diharapkan, tetapi saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Penyuluh, Inseminator dan Paramedis Veteriner yang dengan tulus mengabdikan diri kepada Kabupaten Donggala.

Lanjut disampaikannya Kita sadari masih banyak masyarakat peternak yang kehidupannya masih belum beruntung karena belum mampu mengakses terhadap teknologi, oleh karena itu pembangunan ini masih membutuhkan kerja keras kita semua. Kita tumbuhkan kerjasama yang sinergis dari berbagai pihak untuk sama-sama membangun Kabupaten Donggala sesuai dengan kemampuan dan keahlian kita masing-masing. Bupati mengharapkan Pembangunan peternak kedepan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam rangka mengurangi kesenjangan dan memperluas kesempatan kerja serta mampu memanfaatkan semua peluang ekonomi yang terjadi sebagai dampak dari Globalisasi dan Liberalisasi perdangan dunia.

BACK