Pembukaan MTQ Ke – 37 Tingkat Kabupaten Donggala Di Desa Malei Tahun 2017

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kab Donggala ke37 tahun 2017, yang dibuka langsung oleh Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH. Bertempat di Desa Malei Kec Balaesang Tanjung 25 nov 2017, ditandai dengan penekanan tombol. Didahului dengan Defile Kafila dari 16 Kecamatan se Kabupaten Donggala, adapun peserta Kafila yang akan mengikuti lomba MTQ ini berjumlah 633 orang. Dengan jenis lomba yang diikuti berjumlah 8 cabang. Delapan cabang tersebut diantarannya cabang tilawah, cabang qira’at cabang hifzil, cabang tafsir, cabang syarhil, cabang fahmil, cabang khathil dan cabang M 2 I Q.

Camat Balaesang Tanjung Mas’udin S.Pd selaku Ketua Panitia melaporkan tujuan dilaksanakannya MTQ ke 37 tahun 2017 didesa Malei ini guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat khususnya warga masyarakat Kab Donggala sebagai modal dasar pembangunan yang berkelanjutan.

“MTQ tingkat Kab Donggala ini pula sebagai sarana peningkatan pemahaman, penghayatan dan pengamalan al-qur’an dalam masyarakat Indonesia yang religius”. Sebutnya Bupati Donggala dalam sambutannya mengatakan Pelaksanaan MTQ ini tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguh syiar Islam saja, tetapi diharapkan menjadi menjadi barometer untuk mengukur hasil dari kegiatan pembelajaran al-qur’an yang berlangsung dimasyarakat kab donggala. “Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan”. Jelasnya

Selain berisi nilai-nilai keimanan tambahnya lagi, al-qur’an juga mengandung sumber ilmu pengetahuan yang diperuntukan bagi umat manusia. “Al-qur’an juga berisi kisah-kisah sejarah, falsafah hidup, kemuliaan dan keteladanan serta pesan-pesan moral yang luhur dan agung”.Terangnya

Pada kesempatan itu pula Bupati mengucapkan selamat mengikuti MTQ ini. “Semoga keikutsertaan saudara-saudari kali ini dapat membawa manfaat dan maslahat, dalam upaya kita mengaktualisasikan ajaran islam secara damai dibumi Donggala ini”. Harapnya Diakhir sambutannya Bupati mengapresiasi kerja keras seluruh panitia penyelenggara, hingga terlaksana kegiatan ini. Walaupun dengan keterbatasan dana yang ada, “semoga apa yang telah saudara berikan senantiasa bernilai ibadah disisi Allh SWT”. Tutupnya.

BACK