Pembukaan DIKLAT Calon Kepala Sekola DiLingkup Pemda Donggala

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH membuka secara resmi Pendidikan Dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala Bekerja Sama Dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2017, Senin 25 September 2017. Yang turut dihadiri  Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Ketua Tim Penggerak PKK, Forum Komunikasi Daerah Kabupaten Donggala,  Kepala Pimpinan OPD Kabupaten Donggala.

Laporan Ketua Panitia Penyelenggara Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Donggala Abdullah Lahinta. S. Sos menyampaikan Tujuan Diklat calon Kepala Sekolah/Madrasah adalah agar peserta Diklat calon kepala sekolah/Madrasah memenuhi Kualifikasi Dan Kompetensi yang Dipersyaratkan.

Waktu dan Tempat Diklat calon Kepala sekolah angkatan Pertama Kabupaten Donggala Tahun 2017 berlangsung selama 33 hari kerja atau 300 jam pelajaran yang dimulai Pada hari senin Tanggal 25 September 2017 Diwisma Donggala.Lanjut disampaikannya adapun peserta yang diikuti dalam kegiatan ini berasal dari kepala sekolah yang telah Lulus seleksi Diklat yang berasal dari sekolah Sekabupaten Donggala diluar SMK dan SMA sederajat, yang berjumlah sebanyak 39 orang.

Sambutan Kepala Lembaga Pengembangan Dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd yang Diwakili oleh H. Mujiyono, S. Pd, M. Pd menyampaiakan Dasar hukum pelaksanaan penyusunan Rencana Diklat Calon Kepala Sekola antara lain Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan National dan Peraturan Perundang-Undangan Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Panduan Diklat In Service Learning I Calon Kepala Sekolah ini disusun sebagai petunjuk teknis bagi peserta dan narasumber serta panitia dalam memahami proses dan mekanisme pendidikan dan pelatihan calon Kepala Sekolah sebagai Upaya untuk menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan Ketrampilan calon Kepala sekolah pada dimensi – dimensi Kompotensi Kepribadian, managerial, kewirausahaan, Supervisi dan sosial.

Sambutan Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH menyampaiakan Pada kesempatan ini akan dilaksanakan Diklat bagi calon Kepala Sekolah, saya sangat apresiasi dengan kegiatan ini,  karena dengan pengetahuan dan wawasan yang semakin luas bagi kepala sekolah, tentunya Akan juga mempengaruhi mutu sekolah yang Ada di kepemimpinannya. Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah.

Lanjut disampaikannya tugas kepala sekolah yang kompleks tersebut tidak dapat dirumuskan seluruhnya ke dalam suatu prosedur tugas kepala sekolah. Sebagaimana sangat jelas tertuang pada permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang kompotensi kepala sekolah antara lain Kompotensi Manajerial, Kompotensi kewirausahaan dan Kompotensi supervise. Harapan saya melalui diklat ini sangat diharapkan kompotensi ini akan tercapai sehingga nanti berimbas pada kemajuan mutu pendidikan khususnya diwilayah Kabupaten Donggala.
Dilanjutkan dengan penyematan Tanda peserta Diklat Oleh Bupati Donggala yang didampingi oleh Kepala LPPKS Indonesia, Kepala BKPS Sulteng, Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala dan Kepala BKPSDM Kabupaten Donggala.

 

BACK