Acara Gebyar UPSUS SIWAB di Kecamatan Sirenja

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH menyerahkan secara Simbolis Bantuan kepada kelompok Tani Istiqamah  Desa Ujumbou Kecamatan Sirenja berupa Bantuan ternak kambing sebanyak 15 ekor kambing Betina, dan kepada kelompok Tani Bina Jaya Desa Lende Kecamatan Sirenja berupa bantuan  ternak kambing sebanyak 16 ekor kambing Betina, dilanjutkan dengan penyerahan Polis Asuransi Usaha ternak Sapi Kepada kelompok Kasosoka Jaya ketua Irwan sebanyak 10 ekor sapi dan Polis Asuransi ternak sapi kepada Kelompok Dalle Manurung ketua Tahman sebanyak 20 ekor sapi, Dilanjutkan dengan penyerahan alat tangkap ikan dari Dinas Perikanan kepada Kelompok Bintang Laut desa ombo berupa 7 unit mesin katinting 9 PK,Serta 7 unit mesin Generator dan kepada kelompok Berkah Jaya Desa Tompe berupa 8 unit mesin katinting 9 PK, Pada Acara Gebyar Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) Dan Pertemuan Kelompok Ternak, yang dilaksanakan oleh Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Donggala Pada hari jumat 22 September 2017 di Desa Ujumbou Kecamatan Sirenja. Turut hadir Para Kepala Pimpinan OPD Kabupaten Donggala, Camat Sirenja, Kapolsek kecamatan Sirenja,Danramil Kecamatan Sirenja, Para Penyuluh, Para inseminator dan Para Medis.Sambutan Kepala Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan Kabupaten Donggala Anhar .S. Hut menyampaikan Dinas Peternakan mempunyai tugas pokok membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di bidang peternakan dan kesehatan hewan, untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya tersebut perlu adanya kerjasama dan sinergitas antara semua pelaksana kegiatan Program yang telah direncanakan baik dari tingkat kabupaten, kecamatan maupun tingkat desa. Salah satu pilar utama didalam mempercepat tumbuhnya peternak yang berkualitas adalah dengan melaksanakan kegiatan penyuluhan.karena dengan adanya penyuluhan peternak akan lebih memungkinkan untuk berubah prilakunya kearah yang diharapkan sehingga pengetahuannya akan lebih meningkat dan akan lebih terampil dalam melaksanakan usahanya.

Lanjut disampaikannya Kementrian Pertanian tengah mengintensifkan program upaya Khusus (UPSUS)  sapi indukan wajib bunting (SIWAB)  yang bertujuan untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak rumanansia besar. Perlu kami sampaikan kepada Bapak Bupati bahwa sampai bulan September 2017 realisasi pelaksanaan IB mencapai 1.969 ekor. Untuk pencapaian target tersebut perlu adanya kerjasama semua pihak dan adanya dukungan prasarana dan sarana yang memadai. Untuk mendukung program Dinas Peternakan akan melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya Optimalisasi Lahan Peternakan di Kecamatan Labuan, Pelayanan Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner serta Penerapan Teknologi peternak tepat Guna yang ramah lingkungan.

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH dalam sambutannya menyampaikan tantangan pembangunan peternak dikabupaten Donggala adalah ketidak berdayaan peternak dalam mengakses informasi ke lembaga permodalan. Kondisi ini memberi dampak yang kurang menguntungkan terhadap persaingan agribisnis, oleh karena itu diperlukan upaya khusus pemberdayaan melalui penyuluhan pertanian/peternakan yang dapat membantu dan memfasilitasi pelaku utama untuk memperbaiki kehidupan dan penghidupan.
Lanjut disampaikannya Saya selaku Bupati diwilayah ini merasa berbangga apabila seluruh aparatur diwilayah ini telah berinisiatif untuk memotivasi masyarakat peternak, utamanya kepada penyuluh, insiminator dan para medis veteriner yang kesehariannya bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam rangka memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam yang kita miliki. Saya berharap pembangunan peternak ke depan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam rangka mengurangi kesenjangan dan memperluas kesempatan kerja serta mampu memanfaatkan semua peluang ekonomi yang terjadi sebagai dampak dari globalisasi dan liberalisasi perdagangan dunia.

BACK