Bupati Donggala Membuka MTQ tingkat Kecamatan Dampelas Di Desa Long

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH membuka secara resmi Pembukan MTQ  Ke XIV  Kecamatan Dampelas Tahun 2017 Di Desa Long, Pada Hari Minggu 20 Agustus 2017 yang ditandai dengan pemukulan Beduk dan penekanan Tombol Sirene. Yang turut dihadiri oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Donggala, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesera, Para Kepala OPD Kabupaten Donggala, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Dampelas, Kapolsek Kecamatan Dampelas, Danramil Kecamatan Dampelas, Kepala Desa se-kecamatan Dampelas, Ketua dan Para Anggota Serta Panitera Dewan Hakim dan Ketua LPTQ Kecamatan Dampelas.

Laporan Ketua Panitia MTQ Ke-XIV tahun 2017 oleh Moh. Rum A. CH menyampaikan Pembangunan fisik yang ada diarena MTQ ini hampir 100% menggunakan bahan baku dari bambu untuk memperlihatkan potensi daerah yang bernuansa natural atau tradisional. Maka dari itu kami mengangkat Tema MTQ Kali ini yaitu dengan MTQ Ke-14 Tahun 2017 ” Mari Kita Sukseskan Program Pemerintah Kabupaten Donggala Yaitu Masyarakat Cerdas Emosional, Cerdas Intelektual Dan Cerdas Spritual”.
Peserta Lomba diikuti dari 13 Desa Se-Kecamatan Dampelas termasuk tuan rumah.

Lanjut disampaikannya adapun cabang Lomba sebanyak 5 cabang yang terdiri dari Cabang Tilawah Qur’an, Cabang Hafiz Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Syahril Qur’an dan Cabang Khat (Penulis Mushaf Al-Qur’an).

Camat Dampelas H. Subagion. S. Pd dalam sambutan singkatnya menyampaikan MTQ merupakan Wahana untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Sehingga Al-Qur’an benar-benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi dewasa ini bagi umat islam, terutama bagi anak-anak dan genersi muda, karena generasi muda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa. Orang tua harus mampu memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak terutama pendidikan budi pekerti dan akhlak serta pendidikan agama, sehingga mereka tumbuh dan berkembang sebagai generasi yang tangguh dan teguh imannya. Untuk mewujudkan harapan tersebut perlu dilakukan terobosan dalam rangka akselarasi (percepatan) penuntasan buta aksara Al-Qur’an.

Lanjut disampaikannya lantunan kalam ilahi yang menggema selama pelaksanaan MTQ diyakini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang dapat memberi kesejukan batin bagi masyarakat. Disamping itu kegiatan MTQ dapat menjadi forum silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan sebagai sesama warga masyarakat kecamatan Dampelas.

BACK