Hut Proklamasi Ke – 72

Perayaan HUT ke-72 Republik Indonesia (RI) di halaman kantor bupati Donggala, Kamis (17/8/2017) berlangsung hikmat yang dihadiri bupati, wakil bupati, ketua dan anggota DPRD, para pimpinan Forkopimda Kabupaten Donggala  dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta pegawai dan masyarakat Donggala.

Bupati Donggala, Kasman Lassa bertindak sebagai inspektur upacara dan Ketua DPRD Donggala, Moh. Yasin hadir membacakan teks proklamasi.

Salah satu hal menarik dalam upacara ini adalah penampilan pasukan pengibar duplikat bendera pusaka yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Jika tahun lalu, para pengibar menggunakan seragam putih  putih yang dikawal oleh TNI dan Polri dengan warna seragam masing-masing, namun kali ini pengawal dari TNI dan Polri mengenakan seragam merah putih, yang serupa dengan seragam paskibraka di Istana Negara Jakarta.

Dengan adanya warna merah putih dalam pasukan ini, membuat suasana  peringatan detik-detik proklamasi ini menjadi lebih hidup dan berwarna.

Terlebih lagi, bupati Donggala, Kasman Lassa yang selama ini juga sedang menerapkan warna merah putih dalam beberapa sarana dan prasarana pemerintah. Misalnya kantor bupati diwarna merah putih hingga puskesmas dan mobil ambulance yang di cat warna merah putih, motor dinas kepala sekolah juga dibuat merah putih hingga pagar rumah masyarakat pun diwarnai merah putih.

Semangat merah putih ini semakin terlihat sempurna pada seragam pengawal pasikibraka yang berdiri tegap mengawal naiknya bendera merah putih.

Usai pengibaran bendera, dilanjutkan pula dengan sejumlah penyerahan piala hasil lomba yang dilakukan sebelum HUT RI serta foto bersama bupati, wakil bupati dengan sejumlah pihak, antara lain dengan pasukan pengibar duplikat bendera pusaka.

BACK