Penyerahan Simbolis Klaim Asuransi Nelayan Kab. Donggala

Penyerahan Klaim asuransi nelayan ini adalah salah satu wujud kerja nyata atau salah satu implementasi dari visi misi pemerintah Kabupaten Donggala yaitu Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Donggala Yang Maju Sejahtera Berbasis Sumber Daya Manusia Dan Pembangunan Yang Berkelanjutan. Yang Kedua yaitu Program 1000 Katinting.

Kami ingin melaporkan bahwa sampai dengan tahun 2017 ini 1000 Katinting sesuai dengan amanah diRPJMD bahwa program 1000 Katinting harus dilaksanakan selama 5 tahun, tetapi pada tahun 2017 kami sudah mencapai 1355 unit mesin katinting.

Lanjut disampaikannya penyerahan tahap kedua  ditriwulan III ini sudah 4 kali dilakukan penyerahan klaim asuransi yang pertama adalah dikelurahan Boya  yang diserahkan langsung oleh Bupati Donggala sebesar 50 juta, kemudian tahap kedua dibalukang 50 juta kemudian tahap ke tiga di tanahmea Asuransi Kematian dengan angka 160 juta kemudian tahap ke empat didesa towale dengan angka 160 juta yang mengalami kematian.

Asuransi Jasindo Bapak Rahmat Monoppo, ST menyampaikan Diakhir tahun 2016 yang lalu sekitar Bulan oktober pemerintah meluncurkan Asuransi nelayan. Asuransi nelayan merupakan jaminan bagi bapak/ibu yang apabila melakukan dalam aktifitas melaut mengalami musibah, jaminan dalam bentuk santunan dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Donggala bekerjasama dengan Asuransi Jasindo.

Lanjut disampaikannya apabila melakukan aktifitas di laut dan meninggal dunia di laut kami akan memberikan santunan sebesar 200 juta, apabila mengalami kecelakaan dilaut kalau mengalami cacat tetap atau cacat permanen kami memberikan santunan maksimal 100 juta, dan apabila mengalami kecelakaan ada biaya pengobatan disitu kami akan memberikan biaya pengobatan sebesar 20 juta.

Tujuan dari pada Asuransi ini adalah untuk menjamin akibat kecelakaan dilaut dan didarat karena kami sadar melaut memiliki resiko yang sangat tinggi, jadi fokus utamanya menkafer akibat kecelakaan sedangkan santunan akibat sakit itu adalah jaminan tambahan. Syarat bisa bergabung di asuransi Jasindo adalah mempunyai kartu nelayan, usia maksimal 65 tahun, mengoperasikan kapal maksimal 10 JP dan dalam melakukan aktivitas melaut tidak melakukan yang dilarang oleh undang-undang. Kami berharap asuransi ini dapat bermanfaat bagi ahli waris dan keluarganya.

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH menyampaikan hari ini adalah hari yang menjadi komitmen kita dan merupakan wujud perkembangan dan pertumbuhan usaha penangkapan ikan dilaut karena pada hari ini kita menyerahkan Santunan Klaim Asuransi Nelayan sebesar 160.000.000 dan sarana penangkapan ikan.

Sasaran yang ingin dicapai dalam pelayanan program perlindungan nelayan yang sebentar akan saya serahkan klaim asuransi nelayan dengan kegunaan asuransi nelayan antara lain untuk menjamin tingkat kecelakaan kerja usaha penangkapan ikan yang mengakibatkan cacat fisik dan kematian masih cukup besar Saya berharap dengan adanya bantuan ini dapat membangkitkan pembangunan dan pengembangan perikanan dimasa-masa yang akan datang.

Penyerahan Klaim Asuransi Nelayan dari Asuransi Jasindo oleh Bapak Rahmat Monopo, ST Kepada Bupati Donggala Kepada Masyarakat Serah terima Klaim Asuransi Nelayan Kepada Perwakilan Almarhum Bapak Nasir Rp.  160.000.000 serta penyerahan alat tangkap ikan yang didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan, kepala Dinas pariwisata,kepala Dinas Sosial, camat banawa dan kepala desa towale.

 

BACK