Bupati Donggala Menerima Piala Sebagai Juara Umum STQ Ke-XXIV Tingkat Propinsi Sulteng

Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Propinsi sulawesi Tengah Ke – XXIV yang dilaksanakan di Pelabuhan Donggala Kelurahan Boya Kecamatan Banawa resmi ditutup oleh Gubernur yang diwakili Aisten I pemerintahan Arif Lajuba pada kamis malam (3/5). Pada hajatan tahunan tersebut kabupaten Donggala berhasil menyabet gelar juara umum dengan total poin 45, ditempat kedua kabupaten Morowali dengan nilai 25, ketiga kabupaten Sigi dengan nilai 10. Sedangkan kabupaten Parimo harus puas diurutan kelima dengan nilai 5.

Prosesi penutupan STQ dimulai pukul 21.30 wita dengan konsep yang sedikit berbeda dari malam pembukaan, jika awalnya para Pejabat menunggangi seekor kuda menuju ke arena STQ, kali ini diwajibkan menggunkan kendaraan dinas keloksi.

Bupati Kasman lassa dalam sambutannya selaku Ketua Umum STQ mengatakankan rangakaian kegiatan ini diikuti oleh 12 kabupaten Dan 1 Kota berjalan dengan baik sesuai jadwal yang ditentukan oleh panitia pelaksana STQ, mulai dari pawai taaruf, malam taaruf dan pelantikan para dewan hakim.

“jumlah peserta yang berpartisipasi sebanyak 390 orang dari 12 kabupaten dan 1 kota, dari seluruh proses kegiatan lomba telah dinilai oleh para Dewan Hakim dan insya allah hasilnya akan diumumkan sebentar” kata Kasman Lassa.

Dia juga menambahkan, selain meningkatkan kecintaan kita terhadap Alquran dan menetapkan pemenang dari setiap cabang yang diperlombakan, ada sisi dampak positif bagi masyarakat Donggala yakni kehidupan perekonomian sangat terasa selama hajatan STQ, “warung atau toko terlihat sangat ramai dan mendapat berkah dari para pengunjung semua merasakan manfaaatnya”tegasnya.

Sementara itu Asisten I Arif Lajuba  yang mewakili Gubernur saat membacakan sambutannya, penutupan STQ Tingkat Propinsi Sulawesi Tengah mengatakan permohonan maaf dan salam hangat dari Gubernur karena tidak sempat hadir dalam pelaksanaan penutupan STQ berhubung ada tugas luar . Dan tak lupa mengucapakan terima kasih untuk Kabupaten Donggala karena sudah menjadi tuan rumah yang baik.

dikatanya, “Antusias masyarakat Donggala sangat luar biasa dengan semangat yang tinggi bahwa seluruh rangakain kegiatan telah berjalan lancar dan aman.”sebutnya

lanjut Arif, Dalam pelaksanaan evend STQ telah melahirkan para juara dari semua cabang yang diperlombakan diucapakan selamat kepada peserta yang mendapatkan juara, dan  yang belum mendapat juara jangan berputus asa kalian adalah duta terbaik dari masing-masing daerah terpilih karna kalian semua termasuk golongan peserta yang terbaik, tak kalah pentingnya emplementasi Alquran STQ bukan hanya mencari juara, esistensinya adalah cinta kepada Alquran, membaca dan mengamalakan perintah alquran”pungkasnya.

Diakhir kegiatan penutupan, diumumkan bahwa pelaksanaan STQ Tingkat Propinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Mororwali dipercayakan sebagai tuan rumah dua tahun mendatang (2019).

 

Post Author: fadli