Rabu, November 13, 2019
Home > Tak Berkategori > Ramah Tamah Penyuluhan Peternakan, Inseminator dan para Medis Veteriner

Ramah Tamah Penyuluhan Peternakan, Inseminator dan para Medis Veteriner

selasa, 18 April 2017 Acara Ramah Tamah Penyuluh Perternakan, Inseminator Dan Paramedis Veteriner Pada Dinas Perternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Donggala. Yang bertempat Di Kantor Dinas Perternakan Dan Kesehatan Hewan.Penyuluhan ini dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Heri Suwarno, Para kepala SKPD, Para Penyuluh Peternakan,serta Para Inseminator dan Para Medis.

Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Donggala Anhar. S. Hut. M. Si, Dalam Sambutannya menyampaikan Dina’s peternakan dan kesehatan hewan Kab. Donggala mempunyai tugas pokok membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yg menjadi kewenangan Daerah diBidang Peternkan dan kesehatan hewan.Salah satu polar utama di dalam mempercepat tumbuhnya peternakan yg berkwalitas adalah dengan melaksanakan kegiatan penyuluhan.Penyuluhan sebagai bagian dari sistim pendidikan yg sifatnya non formal atau memberikan penguatan kepada para peternak, karena para peternak Alan memungkinkan untuk berubah prilakunya kearah lebih meningkat, sikapnya Akan lebih positif terhadap perubahan dan penerimaan inovasi, dan akan lebih terampil dalam melaksanakan usahanya. Lanjut disampaikannya Kementrian pertanian (Kementan) tengah mengintensifkan program upaya khus (Upsus) sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB ) yg bertujuan meningkatkan populasi dan produksi ternak rumanansia besar. Upsus SIWAB 2017  dilaksanakan melalui strategi Optimalisasi pelaksanaan inseminasi di 33  Propoinsi. Untuk Sulawesi tengah target yg ingin dicapai adalah Sulteng Sejuta Sapi (S3) yg terbagi di 11 kabupaten/kota, dimana Kab.Donggala target yg harus dicapai adalah 7.890 ekor, kebuntingan 4.340 ekor dan capaian kelahiran 3.038 ekor.

Lebih jauh disampaikannya until mencapai target tersebut perlu adanya kerjasama semua pihak dan adanya dukungan sarana dan prasarana yg memadai. Until mendukung program, Dina’s peternakan dan kesehatan hewan Kab.Donggala akan melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya yaitu Pelayanan Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Penerapan Teknologi Peternakan Tepat Guna yg Ramah Lingkungan dan Peningkatan SDM peternak dan selaku usaha until menghasilkan produk peternakan yg berdaya saing.

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH dalam Sambutannya menyampaikan Pemerintah telah menetapkan kebijakan penyediaan pangan yg berasal dari produk hewan yg Aman, Sehat,  Utuh dan Halal (ASUH) dengan tujuan melindungi kesehatan masyarakat serta menjamin ketentraman batin masyarakat dalam mengonsumsi produk hewan.
Kab.Donggala mempunyai Dumber Daya Alam yg cukup potensial  yg membutuhkan tangan-tangan terampil untuk mengelola potensi tersebut. Sapi Donggala telah ditetapkan sebagai kekayaan Dumber Data Genetik (SDG) Berdasarkan kepmentan RI. NO. 666/Kpts/SD. 120/6/2014.Tenth saja hal itu sangat membanggakan bagi kita.

Sebelum menutup sambutanya Bupati Donggala memberikan apresiasi dan penghargaan kepada penyuluh, Inseminator dan para medis yg dengan tulus mengabdikan diri kepada Kabupaten Donggala.Kita tumbuhkan  kerjasama yg sinergis dari berbagai pihak untuk sama-sama membangun Kabupaten Donggala Sesuai dengan Kemampuan dan Keahlian kita masing-masing.