Selasa, Maret 31, 2020
Home > Tak Berkategori > Pembukaan TEPRA

Pembukaan TEPRA

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH membuka Bimbingan Teknis Pengisian Format Kendali Laporan Tepra SKPD Tahun Anggaran 2017, yang dilaksanakan oleh Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Pemerinta Daerah Kab Donggala.

Bimbingan Teknis pengisian format kendali laporan TEPRA (Tim Evaluasi Dan Pengawasan Realisasi Anggaran) dilaksanakan pada tanggal 8 s/d 9 maret 2017, bertempat diruang Kasiromu kantor Bupati Donggala. Dengan peserta terdiri dari para pejabat perencanaan/program SKPD serta seluruh operator SKPD.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan dan Infrastruktur Sekda Kab Donggala Drs. H. Rusli H. Akil Ali dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakan bimbingan teknis pengisian format kendali laporan Tepra untuk meningkatkan pemahaman terhadap sistem percepatan penyerapan anggaran APBD serta meningkatkan kemampuan dan produktifitas kerja aparatur pemerintah daerah dalam pengendalian dan percepatan kegiatan.

Sementara itu, Bupati Donggala mengatakan Tim Evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran adalah suatu tim kerja yang merupakan kelanjutan dari timĀ  evaluasi penyerapan anggaran yang dibentuk oleh unit kerja Presiden bidang pengawasan dan pengendalian pembangunan ( UKP4), pada pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II yang dilaksanakan secara berjenjang dari pusat sampai kedaerah-daerah.

Disampaikannya, pembentukan Tepra melalui Kepres 20 tahun 2015 dimaksudkan sebagai upaya pencapaian realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah diperlukan beberapa upaya agar penyerapan anggaran dapat tercapai secara optimal dan berjalan dengan baik sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Tambahnya lagi, pelaksanaan tepra yang telah kita laksanakan sejak tahun 2014 belum memberikan hasil yang optimal. “Untuk itu saya mengingatkan kepada para kepala SKPD untuk mengawal secara serius pelaksanaan pelaporan kendali tepra di SKPD masing-masing”. Tegasnya.

“Kepada para peserta bimtek diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga memperoleh informasi dan pemahaman guna mendukung percepatan pelaksanaan dokumen pelaksanaan anggaran sesuai dengan perencanaan masing-masing SKPD.” Tutupnya.

Pada acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab Donggala H. Aidil Nur SH M.Si, Asisten Bid Perekonomian dan Pembangunan Kab Donggala Ir. H. Gozal Syahramli M.Si, Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan SDA Sekda Propinsi Sulteng Ir. Yanmart Nainggolan CES dan Pimpinan SKPD dilingkup pemda Donggala serta seluruh peserta bimtek.