Tak Berkategori

Sebagian Wewenang SKPD Dilimpahkan Ke Kecamatan

Sedikitnya sudah ada enam Kecamatan di Kabupaten Donggala yang diberikan tanggungjawab dalam Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN).  Hal itu Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 52 tahun 2014 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati Kepada camat dan Surat Keputusan Bupati Donggala Nomor 188.45/0199 tentang Kecamatan Penyelenggara Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten) di Wilayah Kabupaten Donggala.

Enam kecamatan tersebut yaitu, Kecamatan  Banawa, Sindue, Sirenja, Rio Pakava, Balaesang Tanjung dan Sojol Utara. Pelimpahan wewenang tersebut diantaranya pelayanan perizinan seperti, penerbitan IMB, izin usaha pariwisata yang belum dikelola oleh Kabupaten, penerbitan Surat Izin Tempat Usaha (SITU), penerbitan izin gangguan (HO) dan penerbitan izin usaha warnet. Namun perizinan pelayan yang diberikan memiliki batas-batas tertentu. Salah satu contohnya penerbitan IMB dengan luas tanah 50 meter persegi.

Selain di bidang perizinan, sejumlah kecamatan tersebut juga diberi wewenang dalam memberikan pelayanan non perizinan seperti, rekomendasi usul rencana pendirian sekolah, penyelenggaraa perekaman E-KTP, rekomendasi akte, maupun urusan di bidang koperasi UKM, perdagangan dan kebudayaan.

Kepala Bagian Administrasi dan Pemerintahan kabupaten Donggala, Dr Rahmanur, mengungkapkan, pelimpahan sebagian wewenang tersebut memang untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan tentunya masyarakat akan lebih mudah dalam mengurus kebutuhan administrasi. “Jadi masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Donggala Kota untuk mengurus berkas-berkasnya karena sudah bisa diurus di kecamatan,” ujarnya.

Sejauh ini kata Rahma, pelimpahan wewenang tersebut sudah berjalan, namun pihaknya masih tetap melakukan pembinaan. Disamping membina, pihaknya juga masih terus melakukan monitoring dan penguatan kelembagaan dan memfasilitasi baik dari segi bantuan dana maupun perbaikan-perbaikan pelayanan yang belum tersedia. “Tapi sekarang ketika masyarakat datang ke kantor camat, ruang pelayanan yang pertama di dapat dan ditempat itu ada petugas pelayanan yang akan memberikan informasi sehubungan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat,” terang Rahma.

Lanjut Rahma, saat ini juga sudah ada kontak person layanan pengaduan bagian administrasi dan pemerintahan Donggala jika masyarakat ingin menyampaikan pengaduannya terhadap pelayanan di kecamatan. “Sejauh ini kami juga sudah melaksanakan bimtek teknis pelayanan Paten untuk para petugas di kecamatan dan peningkatan sarana pra sarana pelayanan di kecamatan,” tambahnya