Selasa, Maret 31, 2020
Home > Tak Berkategori > WARISAN TERBAIK PARA PEJUANG BANGSA ADALAH POLITIK HARAPAN.

WARISAN TERBAIK PARA PEJUANG BANGSA ADALAH POLITIK HARAPAN.

Pemerintah Donggala melaksanakan Gelaran 10 Novemeber sebagai refleksi pengorbanan para pahlawan dipusatkan dipelabuhan Donggala dengan melakukan upacara bendera dan dilanjutkan tabur bunga diperairan pelabuhan Donggala.

Bupati Donggala Kasman Lassa yang bertindak sebagia inspektur upacara kemudian membacaakan sambutan tertulis Mentri Sosial RI Khofifah Indar Parawansah.

Dalam sambutan tertulis tersebut dikatakan bahwa pertempuran 10 November 1945 disurabaya merupakan peretmpuran pertama dan terbesar setelah proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 dengan memakan korban jiwa. Peristiwa tersebut memberikan kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukaanlah “politik Ketakutan” melainkan “politik harapan”. Seberat apapun tantangan yang dihadapi tidak akan menyurutkan semangat perjuangan.

Selain hal tersebut kutipan sambutan mentri social yang dibacakan Kasman Lassa juga menegaskan peringatan hari pahlawan harus mampu mengggali apinya bukan abunya, meminjam istilah bung karno semangat kepahlaawanan itu adalah semangat rela berjuang dengan penuh idealism dengan mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.

Apalagi saat sekarang pemerintah pusat menawarkan visi transformative terwujudnya Indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong, dalam kerangka visi jokowi-yusuf kalla kemudian dirumuskan Sembilan agenda yang disebut nawacita. Kesembilan agenda tersebut bisa dikategorisassikan kedalam tiga ranah, pertama Ranah mental cultural, ranah material (ekonomi), dan ranah politik. Ketiga ranah pembangunan tersebut bisa dibedakan tapi tak dapat dipisahkan. Perubahan mental cultural memerlukan dukungan politik dan material berupa kebudayaan dan ekonomi budaya. Sebaliknya perubahan politik memerlukan dukungan budaya dan material berupa budaya demokrasi dan ekonomi politik. Begitupun perubahan material memerlukan dukungan budaya dan politik berupa budaya ekonomi dan politik ekonomi.

Dipenghujuang upacara yang diikuti oleh wakil bupati Vera Elena laruni, ketua DPRD M. yasin serta pimpinan SKPD dan sejumlah petinggi kepolisian, TNI, Angkatan laut melakukan tabor bunga diperairan pelabuhan Donggala.