Bupati Donggala Resmikan Puskesmas dan Pasar di Banawa Tengah

Bupati Donggala, Kasman Lassa meresmikan Puskesmas di Desa Kola Kola Kecamatan Banawa Tengah, pada Kamis (13/10/2016) yang diberi nama Puskesmas De Latope.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala, Hj. Anita B. Nurdin, dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberian nama De Latope merupakan nama leluhur yang layak untuk diabadikan dalam Puskesmas di Banawa Tengah.

Ia juga mengatakan bahwa persemian puskesmas ini, tidak hanya mempersiapkan infrastruktur bangunannya, namun juga telah dilengkapi dengan dokter yang langsung dihadirkan pada saat peresmian. Sehingga bupati tidak hanya meresmikan gedungnya namun juga sudah lengkap dengan dokter dan para medis yang siap bekerja.

Bahkan sebelum bupati meresmikan puskesmas yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggara 2015 ini serta menandatangani prasasti dan pengguntingan pita, dilakukan terlebih dahulu pelantikan kepala puskesmas dan kepala tata usaha.

Berdasarkan SK Bupati No.821.2/BKD/01/Jab-Adm/10/2016 tentang Pengangkatan Pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Donggala, maka ditetapkan Haerun, SKM. M.Si sebagai kepala UPT Kola Kola dan Sofyan, A.Md.Kep. sebagai Kepala Tata Usaha PKM Kola Kola. Peresmian yang turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten (Waket Dekab) Donggala, Abd. Rasyid dan sejumlah legislator daerah pemilihan II (Banawa dan Banawa Tengah) ini, juga dilakukan peresmian Pasar Sinue Desa Kola Kola Kecamatan Banawa Tengah, yang lokasinya berdekatan dengan Puskesmas Kola Kola De Latope Banawa Tengah.

Bupati Donggala, Kasman Lassa dalam sambutannya menyampaikan sejumlah rencana program pengembangan pelayanan kesehatan di Kabupaten Donggala. Menurutnya, sejumlah kecamatan, khususnya di wilayah pantai barat akan dibangun puskesmas modern yang dapat dijangkau seluruh masyarakat. Puskesmas modern itu, setara dengan rumah sakit yang dapat melayani kebutuhan perawatan pasien rawat inap. Pentingnya pembangunan puskesmas ini, agar mayarakat yang jauh dari jangkauan pelayanan  kesehatan rumah sakit dapat tertolong.

Adapun rencana pembangunan Puskesmas modern dimulai dari Sojol Utara untuk melayani masyarakat yang ada di kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Tolitoli itu. Kemudian juga akan dibangun di Desa Alindau Kecamatan Sindue Tobata serta di Desa Toaya Kecamatan Sindue. Pembangunan puskesmas modern ini untuk menambah puskesmas yang sudah ada kecamatan di Pantai barat.

Untuk wilayah Banawa, khususya di Banawa Selatan juga akan dibangun puskesmas di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat, tandasnya.

HAMZAH DILANTIK JADI DIREKTUR RS. PRATAMA TAMBU

Selain melantik Kepala Puskesmas Kola Kola Banawa Tengah, Bupati Donggala juga melantik drg. Hamzah, M.Kes sebagai direktur RS. Pratama Tambu Kecamatan Balaesang.

Pelantikan dilakukan berdasarkan SK Bupati No.821.2/BKD/02/Jab-Adm/10/2016 tentang Pengangkatan Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Donggala .

“Pelantikan ini penting dilakukan terlebih dahulu, agar supaya saat diresmikan RS Pratama Tambu, sudah siap seluruh perangkat administrasi dan pelayanan kesehatannya,” ujar Bupati Donggala, Kasman Lassa yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Hj. Anita  B. Nurdin. Ditunjuknya mantan direktur RS Kabelota Donggala ini untuk menangani RS Pratama Tambu, sangat diharapkan dapat melakukan penataan dan pengelolaan RS pertama di pantai barat itu agar menjadi lebih baik.

Apa lagi selama ini, Hamzah dikenal sebagai birokrat bertangan dingin yang sukses memimpin instansi kesehatan dimana ia ditugaskan. Salah satunya, ketika menjadi kepala Puskesmas Donggala, ia berhasil menjadikan puskesmas yang berada di Kecamatan Banawa itu meraih ISO dari lembaga yang menilai tentang standar pelayanan.

Dengan dilantiknya Hamzah, maka ia diharapkan segera bekerja untuk membenahi kebutuhan yang dibutuhkan RS Pratama Tambu Kecamatan Balaesang. Untuk diketahui, bahwa pada saat ini RS Pratama Tambu sedang dalam proses penyelesaian dan penyempurnaan infrastruktur yang akan diresmikan bupati dalam waktu yang belum ditentukan.

 

Post Author: fadli