Tak Berkategori

Seminar Pembangunan Berbasis Potensi Unggulan

Pemerintah Kabupaten Donggala merupakan salah satu daerah yang belum lami ini, turut diundang dalam seminar membangun daerah berbasis potensi lokal yang berlansung di salah satu hotel di Jakarta. Seminar membangun daerah barbasis potensi lokal ini, substansinya tentang desain kebijakan dalam kelembagaan bagi pembangunan produk unggulan.

Dikatannya, bahwa kehadirannya dalam memaparkan potensi yang dimiliki daerah yang dipimpinnya saat ini adalah suatu kehormatan besar baginya, di karenakan pemda Donggala turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan seminar yang berbasis potensi unggulan, sebagai bukti bahwa potensi yang dimiliki Kabupaten Donggala sangat diperhitungkan oleh pemerintah pusat.

Lanjutnya, “Pemerintah Kabupaten Donggala merupakan salah satu yang turut memaparkan potensi daerah dalam pelaksanaan seminar tersebut, dan itu bagi kami suatu kehormatan,” ungkapnya.

Kegiatan atau seminar tersebut sangat positif dalam rangka pengembangan potensi daerah, khususnya potensi unggulan. Dipaparkan semua potensi yang dimiliki misalnya beragam potensi sumber daya alam. Salah satunya adalah Pariwisata. Pemkab Donggala sendiri terus mengoptimalkan potensi pariwisata, untuk pembangunan di Kabupaten Donggala. ” jadi tujuan dari seminar itu adalah bagaiman mendorong Pemerintah Kab Donggala untuk menerapkan managemen fokus pembangunan, yang dimaksud, salah satunya mengoptimalisasi potensi unggulan daerah dan itulah yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Donggala saat ini,” ujar Kasman.

Apa yang menjadi tujuan dari seminar itu, lanjutnya, telah sejalan dengan kebijakan serta program-program yang dilaksanakan olah Pemda Donggala selam ini. Dimana arah kebijakan Pemkab Donggala salah satunya mengoptimalkan potensi daerah yang dimiliki. “Banyak hal yang saya paparkan saat itu, diantaranya mengenai potensi pariwisata, dan recana Pemerintah Daerah kabupaten Donggala akan menjadikan sebagai kota wisata. Serta beberapa potensi lagi dalam langkah-langkah strategis Pemkab Donggala. Paling utama adalah 15 pilar kepemimpinan dan pembangunan berbasis kerakyatan,” tandas Kasman.

Bupati Donggala adalah salah satu yang berkesempatan memberi pemaparan saat itu, bersama beberapa perwakilan dari pemerintah daerah lainnya. Seminar itu kata Bupati Donggala, dihadiri juga oleh Direktur Jendral Bina Bangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Diah Indrajati, Direktur Tanaman Tahunan dan penyegar, Dirje Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Dwi Prapto serta beberapa perwakilan dari daerah-daerah lainnya.