Tak Berkategori

Pemkab Donggala Beri Perhatian Terhadap Daerah-Daerah Terpencil

Pemerintah Kabupaten Donggala terus memberikan perhatian terhadap daerah-daerah terpencil, termasuk disektor ketahanan pangan. Maka itu lah di tahun 2016 ini, Pemkab Donggala melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) berencana akan membangun dua lumbung padi di Kecamatan Pinembani, sehingga total lumbung padi di daerah itu menjadi tiga yang seperti diketahui, Pinembani merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Donggala yang letaknya berada dipegunungan kamalisi (Gawalise).

Jarak tempuh ke lokasi itu juga cukup jauh, bahkan memiliki medan yang sangat rumit. Selain itu wilayah yang ditempuh tersebut juga melintasi wilayah Kota Palu dan Kabuapten Sigi. Dengan letak secara geografis cukup jauh, memerlukan keberadaan lumbung padi di daerah itu tersebut, agar supaya bisa membantu warga yang mendapatkan stok beras.

“Di Pinembani, Makanan pokok warga, selain nasi, juga ada berupa umbi-umbian, tetapi Pemkab Donggala perlu menyiapkan pangan berupa beras, jika sewaktu-waktu kebutuhan pokok lain tidak bisa memenuhi kebutuhan warga, makanya keberadaan lumbung padi itu menjadi penting bagi masyarakat yang disekitar daerah tersebut,”. jelas Kepala Dinas BKP Kab. Donggala.

Bupati Donggala menyatakan, sangat memberikan perhatian terhadap daerah-daerah tepencil, khususnya terkait masalah panganan, agar masyarakat tetap sehat dan panganannya tetap terjamin. “Maka itu, perhatian terhadap Kecamatan Pinembani kita harus fokus, tetapi juga di daerah lain harus kita perhatikan bersama agar supaya warga Pinembani hidup sehat seperti daerah lainnya,” harapan Kasman Lassa.

Lajut, selain itu, terang hari, pihaknya juga mengontrol kesehatan pangan lokal, termasuk di Kecamatan Pinembani dan Kecamatan lainnya. Harapanya, kedepan warga Kabupaten Donggala secara umum terus mengkonsumsi makanan sehat yaitu, makanan yang mengandung gizi seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses pertumbuh kembang. “Menu makanan sehat harusnya kaya zat gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan sedikit lemak tak jenuh, atau lebih tepatnya disingkat dengan nama 4 sehat 5 sempurna,” ujarnya.

Hal itulah yang juga terus di Sosialisasikan oleh BKP Kab Donggala kepada masyarakat setempat. Beberap hal yang perlu mendapat perhatian terkait mengkonsumsi pangan sehat, seperti karbohidrat terdapat pada nasi, singkong, dan lain-lain. Sementara protein banyak terdapat pada tahu, tempe, terlur, daging. Begitu juga mineral yang banyak terdapat pada sayur-sayuran. Vitamin pada buah-buahan. Dan sebagai pelengkap kita juga harus memperhatiakn mengkonsumsi susu.

Harapan Kepala BPK Kab Donggala. “Tujuan memakan makanan sehat bagi tubuh kita adalah untuk menjaga agar badan kita tetap sehat, tumbuh, dan berkembnag biak.”