Selasa, Maret 31, 2020
Home > Berita > Guru Honorer di Donggala Diupah Rp. 1 juta Perbulan

Guru Honorer di Donggala Diupah Rp. 1 juta Perbulan

Pemerintah Kabupaten Donggala memberikan upah gaji guru Honor tersebut senilai Rp. 1 juta perbulan sebagai upah peningkatan kesejahteraan bagi guru.

Bupati Donggala Kasman Lassa menyatakan, bahwa Pemkab Donggala mulai menaikan gaji guru honorer di daerah tersebut dan akan dibebankan oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Donggala. ” Iya, sekarang gaji guru honor di Kab Donggala senilai Rp. 1juta perbulan,  kesejahteraan guru honor akan terus kami perhatikan agar tidak menimbulkan problem dalam penyelenggaran pendidikan, ujarnya.

Bupati menyatakan bahwa sebelumnya gaji guru honorer yang jumlahnya ribuan orang di daerah tersebut hanya sekitar Rp. 50.000 perbulan upah gaji yang dapat diterimanya, dan bahkan masih ada yang belum menentu angka upah gaji tersebut.

Olehnya itu, ia mengatakan perlu melakukan pemerataan gaji/upah guru honorer agar semua guru honor mendapat gaji yang sama, serta merasakan kenyamanan dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pendidik.

lanjut, Bupati mengakui bahwa menaikkan dan menyamaratakan gaji guru honor merupakan salah satu dari 15 pilar visi dan misinya yang wajib untuk direalisasikan kepada masyarakat lewat rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). ” Salah satu visi dan misi kami yaitu menaikan gaji guru honor di Kabupaten Donggala. Nah, saatnya ini gaji tersebut telah kami naikkan yang dibebankan kepada APBD, ” kata Kasman lassa.

Ia menegaskan bahwa Donggala sebagai Kabupaten pertama dan tertua di Sulawesi Tengah masih mengalami kekurangan guru, utamanya di daerah terpencil di Kabupaten Doggala tersebut, seperti yang ada di Kecamatan Kinovaro, Sojol dan lainnya.

Guru Honorer yang masuk dalam kategori K2 yang jumlah keseluruhannya mencapai 908 orang di distribusikan ke sekolah – sekolah terpencil di daerah tersebut sebagai bentuk pemerataan agar penyelenggaraan pendidikan dapat bekerja maksimal dan merata.