Tak Berkategori

Bupati Donggala Membuka Pelatiha Juru Bencana sekaligus Meresmikan Kantor BPBD Kab Donggala

Dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur dalam penagananan bencana dipandang perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta ditunjang oleh sarana yang memadai hingga pada akhirnya pekerjaan penaganan bencaana terlaksana dengan baik.

Atas pemikiran tersebut Badan Penaggulangan Bencana Alam dibawah pimpinan Akris Fattah menyelenggarakan pelatihan juru bencana sekaligus peresmian kantor Baru BPBD pada senin 8/8.

Akris fattah dalam sambutannya mengatakan bencana sebuah peristiwa yang tidak diinginkan bahkan waktunya pun susah diprediksi olehnya pelatihan juru bencana ini sangat diperlukan. Dan kegiatan ini pula kami rangkaikan dengan persmian kantor baru yang sekitar tujuh bulan telah ia tempati.

“Peserta juru bencana berjumlah 40 0rang kami perioritaskan disembilan kecamatan yang selama ini sering dilanda bencana, misalnya banawa selatan,banawa tengah, Banawa, tanantovea, sindue ,sirenja,sojol dan sojol utara, terpenting juga hari ini kami meresmikan kantor BPBD”ujarnya.

Sementara itu bupati Donggala Kasman lassa yang didaulat membuka secara resmi pelatihan juru bencana sekaligus peresmian kantor BPBD mengatakan sangat mendukung program yang dicanagkan oleh BPBD. Menurutnya kegiatan semacam ini pernah pula dilakukan pada 158 Kepala Desa tujuannya bagaimana melatih mental seorang pemimpin.

“Pemerintah sangat mendukung selama itu postif apalagai tugas yang mereka emban (para juru bencana) sangat berat, beberapa bulan yang lalu kegiatan semacam ini (pelatihan) juga kami terapkan ke Kepala Desa tujuannya bagaiman memanajemen dana Desa bisa dikelola dengan baik, hasilnya pun memuaskan mereka (para Kepala Desa) jadi mengerti, intinya kegiatan seperti ini besar manfaatnya ”sebutnya.

Bupati juga mengatakan bahwa juru bencana memang harus berjiwa kesatria serta bermental kuat karena yang namanya bencana tidak ada yang menyenangkan. “Pekerjaan juru bencana sebuah lakon penuh tantangan,tidak dibutuhkan juru bencana yang ganteng atau sebaliknya, yang dibutuhkan adalah loyal terhadap pekerjaan”tutupnya.

Diakhir sambutan Bupati Kasman Lassa melakukan penyematan tanda peserta juru bencana menandakan pelatihan juru bencana dimulakan serta dilanjutkan peresmian Kantor BPBD dengan menandataangani prasti yang telah disiapkan oleh panitia.

Diakhir kegiatan yang dihadiri oleh Kajari Donggalaa, Kepala Pengadilan, Kepala BNN dan pimpinan SKPD, Kasman Lassa menyempatkan diri memeriksa perelangkapan kantor BPBD.