Selasa, Maret 31, 2020
Home > Tak Berkategori > Pemda Donggala Benahi 48 Lokasi Wisata

Pemda Donggala Benahi 48 Lokasi Wisata

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa. SH akan fokus mengembangkan sektor pariwisata pada tahun 2017 mendatang untuk membenahi 48 lokasi wisata andalan yang di miliki. “Kita sudah melaui tahun ini dengan membenahi anjungan Gonenggati yang akan menjadikan ikon pariwisata Donggala, dan mencanangkan kota Donggala menjadi kota Wisata pada Oktober 2016,” ungkapnya

lanjutnya, Kasman menguraikan upaya pengembangan 48 lokasi wisata tersebut akan melibatkan sejumlah SKPD sebagai penopang seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perindustrian dan Perdaganggan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kesehatan, Badan Penanaman Modal dan Dinas Pariwisata sebagai unggulan. Pemda Donggala juga akan memperbaiki akses jalan menuju ke seleruh lokasi untuk memudahkan pengunjung menjangkau lokasi wisata itu.

Berbagai sarana dan fasilitas seperti air bersi, listrik, kebersihan, tempat parkiran, tempat istirahat sederhana dan tempat ibadah akan dilengkapi secara bertahap. Ia menjelaskan bahwa saat ini terdapat beberapa lokasi wisata yang mempunyai daya tarik tertentu dan semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai tempat di Sulawesi Tengah yaitu Pantai Barat, Pusat Laut, Pantai Kaluku, dan beberapa lokasi wisata bahari lainnya di kecamatan Sojol Utara dan Sindue.

Kasman juga mengemukakan saat ini Pemkab Donggala sudah memiliki tiga buah kapal wisata yang akan mengantarkan wisatawan yang ingin menikmati lokasi wisata tersebut. Ketika ditanya sejauh mana kontribusi sektor kepariwisataan terhadap pendapatan asli daerah, Kasman mengaku bahwa sebagian besar tempat wisata belum memberi kontribusi ke kas daerah karena pengelolaannya sepenuhnya masih diserahkan kepada masyarakat untuk dinikmati warga sekitar tempat tersebut.