Tak Berkategori

Bupati Berharap Donggala Kanamavali Tingkatkan Mutu Pendidikan

Bupati Donggala Kasman Lassa berharap melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang canangkan oleh pemerintah dapat mendorong dan meningkatkan mutu pendidikan di daerah, termasuk di Kabupaten Donggala. Dalam sosialisasi dan monitoring Program Indonesia Pintar (PIP) dan penggunaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang baru-baru ini di gelar diruang gedung Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Kasman Lassa mengaku sangat mendukung program pemerintah tersebut.

kata dia, Pemerintah Kabupaten Donggala melalui Dinas Pendidikan telah melaksanakan program yang disebut Donggala Kanamavali yang diartikan sebagai Donggala Cerdas, sebagai wujud dukungan Pemda Donggala terhadap PIP.¬†“Tujuannya untuk mempercepat tercapainya mutu pendidikan di wilayah Kabupaten Donggala, dengan meningkatkan akses untuk mendapatkan layanan pendidikan,” kata Kasman Lassa.

Mahalnya biaya pendidikan dan pendukungnya merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tingginya angka putus sekolah akibat kesulitan ekonomi. Sehingga, Kata Bupati, melalui Program Indonesia Pintar hal tersebut dapat dicegah. Program Indonesi Pintar juga untuk menarik siswa putus sekolah agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah, sanggar kegiatan belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, lembaga kursus pelatihan, satuan pendidikan nonformal lainnya dan balai latihan kerja.

“Berkaitan dengan hal itu saya menghimbau kepada kita semua untuk dapat mengajak kepada penduduk usia sekolah yang tidak bersekolah untuk dapat kembali bersekolah,” Harap Bupati. ¬†Beberapa kebijakan dan program yang telah dilakukan untuk meningkatkan akses layanan bidang pendidikan untuk mewujudkan Visi Kabupaten Donggala, yaitu terwujudnya Kabupaten Donggala yang maju dan sejahtera berbasis sumber daya manusia dan pembangunan berkelanjutan,”sebutnya.

Olehnya, Bupati berharap agar seluruh instansi terkait memberikan pemahaman dan informasi kepada masyarakat yang memiliki pemahaman yang minim terkait dengan PIP, sehingga penyaluran dan pemanfaatan PIP dapat terlaksana dengan baik, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat guna dan tepat waktu sesuai dengan petunjuk pelaksanaan.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut hadir pula Direktur Pembina Sekolah Dasar Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan menengah Kementrian Pendidikan RI Purnama Ningsi bersama rombongan, para Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan dan sejumlah peserta sosialisasi.