Selasa, Januari 28, 2020
Home > Tak Berkategori > Bupati Donggala Resmikan Pembangunan Pabrik Pupuk di Desa Dalaka

Bupati Donggala Resmikan Pembangunan Pabrik Pupuk di Desa Dalaka

Meski telah dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu, Pembangunan Pabrik Pupuk NPK oleh PT Cipta Argo Nusantara di Desa Dalaka, Kecamatan Sindue, baru diresmikan Senin (20/6) kemari. Peresmian pembangunan pabrik pupuk tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Donggala Drs Kasman Lassa SH.

Peresmian sore itu, dirangkaikan dengan kegiatan buka bersama.  Peresmian hari itu disaksikan pihak dari perusahaan, masyarakat, sejumlah pejabat di Pemkab Donggala, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Donggala.

Perwakilan dari PT Cipta Agro Nusantara, Bagus Tri Anggoro,  mengatakan keberadaan perusahaan itu tidak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten Donggala yang sangat welcom agar daerah Kabupaten Donggala dapat menjadi daerah pembangunan Pabrik pupuk NPK. “Keberadaan perusaan ini tidak hanya menjadi aset daerah kabupaten Donggala, tetapi dengan keberadaan perusahaan ini, semoga akan membantu ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakannya, pembangunan pabrik pupuk di Desa Dalaka, Kecamatan Sindue, tidak lain adalah upaya untuk menyiapkan lapangan pekerjaan kepada masyarakat. Sehingga dengan sendirinya perusahaan itu, akan menyerap tenaga kerja lokal, khususnya masyarakat di sekitar perusahaan atau skala kecamatan sindue. “ Oleh kami juga berterima kasih terhadap Pemerintah Kabupaten Donggala, dalam hal ini Bupati Donggala yang terus memberikan dukungannya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Donggala, mengatakan pembangunan pabrik pupuk NPK,  di Desa Dalaka, merupakan bagian dari komitmen Pemkab Donggala, bahkan komitmen dirinya ketika masih sebagai salah satu calon Bupati Donggaa, saat pesta rakyat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Donggala 2013 lalu.

“Ini adalah komitmen Pemerintah Kabupaten Donggala, dan inilah yang sering saya sampaikan, bahwa dari 15 pilar kepemimpinan dan pembangunan berbasis kerakyatan,  penjabaran dari visi misi Pemerintah Kabupaten Donggala, salah satunya adaah pembangunan idustri,” terang Kasman Lassa.

Tambah Kasman, tidak hanya sampai disitu, dalam mewujudkan komitmennya tersebut, kedepan atau ditahun ini pula telah ada beberapa investor yang siap berinvestasi di Kabupaten Donggala. Desa Dalak yang masih memiliki potensi wilayah yang masih sangat besar, menjadi salah satu sasaran wilayah Pembangunan Industri. “Tahun ini juga, di Desa Dalaka ini akan dibangun perusahaan LPG, termasuk Perusahaan Pembangkit Tenaga Listrik. Beberapa investor telah merencanakan itu. Ini semua tidak lain untuk memberikan lapangan kerja bagi masyarakat,” tandasnya.

Peresmian Pembangunan Pabrik Pupuk NPK di Desa Dalaka, ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati  Donggala. Kegiatan peresmian pembangunan saat itu, semakin menggambarka kebersamaan, karena dirangkaikan dengan buka bersama, mengingat momennya dilaksanakan di Bulan Suci Ramadan.