Pengembangan Anjungan Gonenggati dimulakan

Anjungan Gonenggati yang telah menjadi salah satu ikon Kabupaten Donggala, akan memiliki sejumlah fasilitas tambahan untuk kegiatan rekreasi dan kepariwisataan. Pengembangan Anjungan yang berada di Kecamatan Banawa ini, telah dimulakan pembangunannya dengan terlebih dahulu dilakukan dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Donggala, Kasman Lassa. SH pada jumat Kemarin (10/6/2016).

“Hari ini menjadi salah satu langka kita untuk mewujudkan Donggala menjadi kota Wisata, dengan membangun anjungan Gonenggati yang telah representatif sebagai kawasan wisata,” ujar Bupati Donggala usai meletakkan batu pertama yang disaksikan oleh warga Donggala dan para pejabat dilingkup pemerintah Kabupaten Donggala.

Turut hadir Anggota DPR RI Ahmad Ali dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Donggala, termasuk Ketua MUI Kabupaten Donggala, Ali Umar yang membacakan doa keselamatan sebelum peletakan batu pertama. Bupati disela acara mengatakan bahwa pengembangan anjungan Gonenggati ini memiliki tiga fungsi, yaitu Hiburan, Pendidikan dan Informasi.

Fungsi  hiburan yang diperuntukan untuk masyarakat ini, dengan menambah sejumlah fasilitas antara lain taman bermain anak, kolam renang air tawar, tribun dua sisi, sarana olah raga futsal dan volly hingga fasilitas untuk bermain jet ski.       Dari sisi pendidikan, juga diharapkan dapat dinikmati masyarakat dari sarana yang dibangun berupa penambahan wawasan terkait alam dan lingkungan.

sementara dari sisi lain, yaitu menjadi sarana penyampaian pesan pemerintah kepada masyarakat terkait aktifitas pembangunan yang telah maupun sedang dan akan dilakukan. ” Dari tiga fungsi itu, tentu diharapkan terjadi peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat Donggala dengan adanya Gonenggati,” tandasnya

Pengembangan wisata Gonenggati Donggala yang dikerjakan oleh PT. Farzi Jaya Borneo perusahaan dari Annisa Grup ini, menelan anggaran Rp. 12 miliar lebih yang ditarget selesai dibangun selama enam bulan atau hingga Desember 2016. Usai peletakan batu pertama dilanjutkan buka puasa bersama dan sholat magrib bersama yang dilaksanakan ditepi pantai anjungan Gonenggati.

Cuaca cerah dan angin pantai yang sejuk dihiasi pelangi yang terlihat diarah selatan, membuat acara itu di sore jelang magrib itu, dipenuhi optimisme akan terwujudnya Donggala menjadi kota wisata.

 

Post Author: fadli