Selasa, Maret 31, 2020
Home > Tak Berkategori > AJAK MASYARAKAT JAGA PERSAUDARAAN

AJAK MASYARAKAT JAGA PERSAUDARAAN

Membangun kebersamaan, menghindari gesekan diantara sesama warga masyarakat, itu lah yang terus di ingatkan oleh Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH, bagi seluruh masyarakatnya di Kabupaten Donggala. Pesan orang nomor satu di Kabupaten Donggala ini, tujuannya tidak lain adalah untuk keamanan dan ketertiban masyarakat serta daerah.

Belum lama ini, pesan tersebut kembali di sampaikannya bagi ratusan masyarakat, di kab Donggala. khusus kepada masyarakat di kecamatan Banawa Tengah. Saat itu berlangsung pertandingan sepak bola yang mempertemukan dua kesebelasan dari dua desa di kecamatan Banawa.

“Pertandingan sepakbola ini sepakat dilaksanakan de Desa Kolakola, supaya orang tahu juga, inilah desa kolakola ramai, tapi jangan pertandingan hanya dijadikan wadah perpecahan, dan perselisihan. Kalah atau menang itu sdh biasa, kalau aman itu kan lebih baik. olahnya mari terus menjalin persaudaraan dan menghindari persel,” ungkapnya

dikatakannya, perselisihan dan gesekan diantara sesama warga harus dihilangkan. Dengan cara saling menghargai dan menghormati satu sama lainnya. Karena perselisihan antara warga, imbasnya pada ketidaknyamanan serta tidak amannya suatu daerah. Bahkan menimbulkan keresahan bagi masyarakat yang lain, bahkan pengunjung.

” kalau ada permasalahan selesaikan secara kekeluargaan, denga kepala dingin, dan tidak langsung emosi dan main hakim sendiri yang dapat membias pada perselisihan yang lebih besar,” terangnya. Orang nomor satu di Kabupaten Donggala ini menyadari banyak faktor yang selalu menjadi pemicu perselisihan antar warga. Faktor-faktor itulah yang harus benar-benar dihindari untuk tidak didekati. selain itu masyarakat, katanya jangan mudah untuk terprovokasi dengan isu-isu yang beredar dan dapat memecah tali persaudaraan.

”Jika ada kabar atau informasi yang dirasa mengganggu kenyamanan harus dicari tahu atau dikaji dulu kebenarannya. Karena biasanya, kabar atau informasi demikian sifatnya provokasi yang dapat memecahkan tali persaudaraan atau kebersamaan diantara masyarakat itu,” tegasnya lagi.

Perselisihan antar warga yang berujung pertikaian tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan daerah dan masyarakat juga akan mempengaruhi jalannya stabilitas roda pemerintahan. Wajar saja bila Bupati terus mengajak masyarakatnya untuk terus menjalin kebersamaan, saling menghargai dan hidup rukun tanpa perselisihan.

”Mari kita bersama-sama bergandengan tangan bersama Pemerintah Daerah untuk memajukan Kabupaten Donggala ini. Mari bersama-sama menghindari perselisihan demi keamanan dan ketentraman kita semua,” tandasnya.