Minggu, Februari 23, 2020
Home > Berita > Banawa Juara Umum Festifal Lasqi Tingkat Kabupaten Donggala Ke IV

Banawa Juara Umum Festifal Lasqi Tingkat Kabupaten Donggala Ke IV

Pelaksanaan festival Seni dan Qasidah gambus DPD Lasqi Kabupaten Donggala yang ke IV telah berakhir, sabtu 28 Mei 2016 pekan kemarin kegiatan itu ditutup oleh Bupati Donggala yang saat itu diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan KesraKabupaten Donggala Drs. Taufik Yotolemba. MM. Festival yang diikuti oleh perwakilan atau utusan dari 12 Kecamatan di Kabupaten Donggala tersebut, dimenangkan oleh tuan rumah yakni utusan dari Kecamatan Banawa. Bupati dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Donggala, mengatakan yang harus kita sadara bahwa tantangan dakwah islam saat ini dan kedepan memang sangat kompleks sejalan dengan perkembangan aspirasi masyarakat dan pengaruh global.

“kenyataan ini harus kita jadikan peluang untuk bersama-sama terus mencari format media dakwah terbaik dan paling efektif,” ungkap Taufik Membacakan sabutan Bupati Donggala. Katanya, Seni dan Budaya merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan sebagai kemasan kegiatan dakwah. Oleh karena itu, seni dan budaya perlu harus dikembangkan agar tidak saja efektif namun tetap sesuai dengan kaidah – kaidah ajaran islam.” Dengan lahirnya wadah Lembaga Seni Qasidah Indonesia sebagai organisasi seni dan budaya islam yang mempunyai misi dakwah, harus senantiasa merspon situasi dan realita kehidupan umat islam,” ujarnya.

Lanjut Taufik menyampaikan, dengan kegiatan festival qasidah gambus tingkat Kabupaten Donggala yang ke IV, tentunya akan lahir para bintang vokalis baru yang dapat membawa nama daerah, baik tingkat Provinsi bahkan sampai pada tingkat Nasional nantinya. Dengan harapan semoga para pesrta dari hasil festival ini yang telah dipercayakan mewakili Lasqi Kabupaten Donggala pada event selanjutnya akan mampu berkompetisi. ” Tentunya mampu memberikan yang terbaik, minimal mampu mempertahankan prestasi yang sudah diraih selama ini,” terangnya.

Sementara itu Ketua DPD Lasqi Kabupaten Donggala Indotang Kasman Lassa, S.Sos mengatakan melihat kenyataan dari ikut sertaan para peserta pada pestival kali ini cukup menggembirakan dan membanggakan. Dimana peserta yang ikut pada festival dari setiap even ini, pesertanya selalu meningkat jumlahnya dan pada peserta juga ternyata banyak memiliki bakat dan potensi yang cukup besar. Hanya saja perlu diberikan bimbingan dan pelatihan secara berkesinambungan ,” kata Indotang.

Tambah Indotang, DPD Lasqi Kabupaten Donggala menyadari bahwa ada sebagian peserta saat ini merupakan peserta yang tampil perdana atau pemula yang masih perlu banyak belajar. Kekurang yang ada perlu diperbaiki dan diberikan pembinaan secara proaktif dalam rangka menciptakan para seniman seni qasidah yang profesional, “Oleh itu kami dari DPD Lasqi Kab Donggala sudah berkomitmen bersama untuk terus memberikan perhatian pembinaan bagi generasi muda, khususnya seni qasidah didaerah ini, ” tambah indotang.

Selain itu, Istri Bupati Donggala ini juga menghimbau dan mengharapkan khususnya kepada para Camat dan Kepala KUA Kecamatan yang belum terbentuk Lasqi Kecamatan agar secara bersama-sama berkoordinasi untuk segera membentuk Dewan Pimpinan Cabang Lasqi di Kecamatan, “Demikian pula yang sudah akan habis masa baktinya, agar segera memperbaharui masa bakti kepengurusannya dan ini merupakan intruksi ketua DPD Lasqi Kabupaten Donggala untuk menjadi perhatian,” tegasnya.