Berita

Bupati Donggala Lepas Jalan Santai Pra HANI Tahun 2016

bertempat di halaman Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Donggala, Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa. SH yang didampingi Wakil Bupati Donggala Vera Elena Laruni. SE melepas seluruh peserta jalan santai dalam kegiatan Pra Hari Anti Narkoba Internasional (HANI). kegiatan jalan santai tersebut diikuti seluruh Pimpinan SKPD dilingkup Pemerintah Daerah Kab Donggala, Guru dan Siswa/siswi SLTP dan SLTA di kota Donggala, selanjutnya kegiatan ini dirangkaikan dengan Deklarasi Anti Penyalagunaan Narkoba dengan melakukan penandatanganan Deklarasi Stop Narkoba oleh Bupati Donggala, Pimpinan SKPD, serta Forkompinda Kab Donggala, jumat 27 mei 2016.

Ketua Panitia Penyelenggara Oslan Daud, SKM.MPH dalam laporannya, mengatakan tujuan diselenggarakannya acara ini ialah untuk penyebaran informasi tentang bahaya penyalagunaan Narkoba, meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya penanggulangan bahaya Narkotika, membangun komunikasi, komitmen dan kerjasama efektif antara BNN Kabupaten Donggala dengan lembaga terkait. 

Kepala Kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten Donggala, menghimbau kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah pada umumnya dan khususnya Kabupaten Donggala agar bersama – sama berkomitmen menyatakan peran terhadap penyalagunaan dan peredaran gelap Narkotika, karena sesuai dengan pernyataan Bapak Presiden RI bahwa saat ini Indonesia dalam Kondisi Darurat Narkoba. Permasalahan Naorkoba saat ini perlu mendapat perhatian kita bersama dimana angka coba pakai yang terus meningkat dari tahun ketahun membuktikan bahwa Narkoba memiliki daya pikat yang sangat kuat.

lanjut dikatakannya, Narkoba saat ini tidak lagi hanya terjadi diperkotaan saja namun telah meramba sampai kepelosok Desa. Narkoba tidak mengenal tua muda, masyarakat biasa maupun pejabat semua perna terjerumus kedalam pusaran penyalagunaan Narkoba, memiliki rasa ingin tahu yang besar membuat orang mempunyai keinginan yang kuat untuk mencoba Narkoba. Oleh karena itu hindari untuk mencoba karena akan merusak tatanan kehidupan dan berakhir dengan kematian.

Bupati Donggala dalam sambutannya mengatakan harus kita sadari bahwa Bahaya Narkoba adalah merupakan masalah besar bagi keberlangsungan hidup kita, baik pada tingkat dunia maupun tingkat Nasional, tingkat Provinsi dan Kabupaten Donggala pada Khususnya. Banyak yang sudah kita lakukan untuk mencegah penyalagunaan Narkoba yang prakarsai oleh BNN, namun perlu kita ketahui bahwa ini bukanlah tanggung jawab BNN semata-mata. oleh karena itu kita harus mendukung penuh dalam upaya penanggulangan tersebut.

Dikatakannya, saya juga mengikuti apa yang dilakukan oleh BNN khususnya BNN Kab Donggala mengikuti apa yang dilakukan oleh semua pemangku kepentingan di Negeri tercinta ini, termasuk yang saudara – saudara lakukan. Disatu sisi hasilnya nyata, konkret, riil tetapi bagaiman pun belum cukup. oleh karena itu lah kedepan ini saya mengajak saudara semua dan seluruh masyarakat Kabupaten Donggala untuk bekerja lebih keras, lebih ulet dan lebih gigih untuk tercapainya masyarakat Kabupaten Donggala bebas dari penyalagunaan Narkoba. Pada hari yang sangat penting ini, saya ingin mengajak saudara untuk bersama – sama menyamakan persepsi dan pemahaman atas dua hal yang sangat penting.

lanjut, “Hal yang pertama adalah menyangkut cara pandang, Mindest atau A State Of Mind terhadap urusan Narkoba, sedangkan hal yang kedua, yang sudah sering kita bicarakan tetapi saya harus meningkatkan kembali adalah bagaimana kita semua mejalankan tugas, siapa berbuat siapa. Kalau kita tidak pahami solusinya bisa menjadi keliru. karena masih banyak di antara warga negara kita, termasuk anak – anak kita, generasi muda kita, yang benar-benar menjadi korban. Tidak ada niat kejahatan dan tidak ada kegiatan kejahatan yang mereka lakukan, tetapi dia masuk ke dalam lingkaran yaitu pengguna, ujarnya.