Kecamatan Dampelas Bentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Donggala menggelar Sosialisasi dan Pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat di Desa Karya Mukti Kecamatan Dampelas Rabu (6/4). Kegiatan yang dihadiri Bupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, SH sekaligus melakukan pengukuhan kepada pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat tingkat Kecamatan Dampelas.

Ketua Panitia Pelaksana Arief Rahman S.Sos melaporkan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran deteksi dini untuk menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat wilayah kecamatan dan khususnya Kabupaten Donggala, serta mengkomunikasikan data dan informasi mengenai potensi ancaman gangguan keamanan di wilayah kecamatan.

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH saat memberikan sambutan mengatakan, berdasarkan amanat Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pada pasal 65 disebutkan bahwa Kepala Daerah mempunyai tugas memimpin pelaksanaan urusan Pemerintah dan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat dalam rangka mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat lanjut Bupati, pihak aparat terkait telah melakukan berbagai upaya-upaya pengamanan sesuai tugas dan fungsinya. “Di samping itu juga sangat diharapkan keterlibatan dan peran aktif masyarakat ikut serta menjaga wilayahnya dan membudayakan kewaspadaan dini masyarakat,” ucapnya.

Atas dasar tersebut yang dikaitkan dengan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 12 tahun 2006 tentang kewaspadaan dini masyarakat di daerah, kepala daerah mempunyai kewajiban memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat. “Maka perlu melaksanakan sosialisasi dan pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKPDM) tingkat kecamatan di Kabupaten Donggala Propinsi Sulawesi Tengah,” jelasnya

Bupati menerangkan, tugas forum kewaspadaan dini masyarakat adalah menjaring, menampung, mengkoordinasikan, mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan atau peristiwa bencana baik dari alam maupun oleh manusia dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini.

Pembentukan FKDM tingkat kecamatan dalam wilayah Kabupaten Donggala merupakan sebuah tuntutan untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam melakukan kewaspadaan dini atau pencegahan dini yaitu kondisi kepekaan, kesiagaan, dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana baik perang, alam maupun bencana akibat ulah manusia dengan moto “Temu Cepat Dan Lapor Cepat”.

Bupati Donggala berharap kepada anggota FKDM yang akan dibentuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayah kecamatan dan khususnya di Kabupaten Donggala Propinsi Sulawesi Tengah.

“Untuk itu saya mengajak semua elemen masyarakat lainnya mari kita ikut serta berpartisipasi dalam membangun fisik maupun membangun spiritual dan semangat kebersamaan demi tegak dan kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa serta terwujudnya SDM dan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten  Donggala, sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama dapat terwujud,”

Pembukaan forum Kewaspadaan Dini dihadiri Dandim 1360 Donggala Letkol Inf. I Gede Masa SIP, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Tafip S.sos M.Si, sejumlah Pimpinan SKPD di jajaran Pemda Donggala dan camat Dampelas, Arif Panungkul, S.Sos, MH.

 

Post Author: fadli