BUPATI DONGGALA MEMBERI BANTUAN KEPADA LIMA KELOMPOK NELAYAN

Kelompok nelayan Desa Loli Tasiburi Kecamatan Banawa menerima bantuan peralatan tangkap berupa ketinting yang diserahkan langsung oleh Bupati Donggala, Kasman lassa.Bantuan hibah berupa alat  tangkap sebanyak 14 unit kantinting ukuran 9 PK dan 10 unit ukuran 5,5 PK di tambah satu unit Johnson membuat para nelayan berterima kasih kepada pemerintah dan semakin bersemangat dalam menjalankan pekerjaannya sehari – hari. “Johnson mesin tempel itu tujuannya untuk sosialisasi kepada masyarakat agar tidak selalu tergantung pada ketinting,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Donggala.

Ali assagaf, menjelaskan bantuan yang diberikan kepada lima kelompok nelayan yang terdiri dari kelompok Katombo, Kelompok Katamba, Kelompok Cumi-cumi, kelompok Ubur-ubur dan kelompok Cakalang itu, diberikan kepada nelayan di Loli Tasiburi karena selama ini Dinas Kelautan dan  Perikanan belum perna memberikan bantuan hibah kepada masyarakat nelayan di daerah Loli yang terbagi lima desa, disamping itu desa loli tasiburi tidak memiliki industri tambang dan energi seperti empat desa Loli tetangganya sehingga sangat layak diberikan bantuan alat tangkap.

“Loli Tasiburi salah satu desa yang tidak masuk dalam industri pertambangan dan energi. Akibat dari itu banyak masyarakatnya lebih cenderung yang berada di daerah pesisir sekira 152 KK masuk dalam kategori Rumah Tangga Perikanan (RTP),” terang Ali Selama ini para nelayan Loli Tasiburi dalam menangkap ikan menggunakan alat pancing dan jaring insang. Mereka termasuk nelayan tradisional murni dengan pendekatan ramah lingkungan sehingga keberadaan mereka sejalan dengan program pemerintah pusat yang mengutamakan bantuan kepada nelayan menggunakan jaring insang ramah lingkungan.

“Nelayan ini juga ketergantungan dengan bagang. Ketika bagang di tiadakan oleh kelompok masyarakat yang peristiwa demo bagang lalu, terkesan tidak diberikn usaha alternatif. Sehingga kita coba mengarahkan mereka kealat pancing beber mantan sekretaris Kelautan dan Perikanan itu.

Sementara Bupati Donggala, Kasman Lassa saat menyerahkan katinting yang bersumber dari APBD dan APBN itu, ”mengharapkan agar para nelayan memeliharanya dengan baik, dan dapat memaksimalkan kebutuhan sehari – hari dalam rumah tangga, bantuan ini yang telah diberikan oleh pemerintah daerah guna untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat wilayah pesisir khususnya Desa Loli tasiburi’’ujarnya.

Post Author: fadli