Tak Berkategori

Pencanangan Kampung KB di Desa Tamarenja Kecamatan Sindue Tombusabora

Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKB PP) Kabupaten Donggala menjadikan Desa Tamarenja Kecamatan Sindue Tombusabora sebagai Kampung Keluarga Berencana. Pencanangan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Donggala yang diwakili Sekretaris Kabupaten Donggala, H. Aidil Noor, SH, M.Si didampingi Ketua DPRD Donggala, Moh Yasin, S.Sos dan Kepala BKB PP, Donggala Drs. Lasamudia D, M.Si di Desa Tamarenja, Rabu (27/4).
Sambutan Bupati Donggala yang disampaikan ‎Sekretaris Daerah Kab Donggala  mengatakan, Kampung KB dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia di Kota Cirebon Propinsi Jawa Barat adalah tongkat sejarah yang tidak dapat berlalu begitu saja. Perlu disadari momentum untuk menggerakkan kembali program KB karena Kampung KB adalah satu program revolusi mental  berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa Indonesia.Dengan adanya kampung KB masyarakat dapat merasakan manfaatnya utamanya pada kategori keluarga miskin, padat penduduk dan daerah terpencil.
Berdasarkan survei kependudukan tahun 2015, laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Donggala sebanyak 1,89 persen. Tingginya pasangan usia subur bukan peserta KB sebanyak 15,1 persen atau rata ‎-rata kelahiran pada ibu sebesar 2,84 persen. Artinya, setiap keluarga memiliki anak tiga sampai empat orang. Sementara presentasi pernikahan dini di Kabupaten Donggala cukup tinggi yang memberikan dampak pada angka perceraian karena belum siap ber-rumah tangga dan tingginya angka kematian bayi.
Dengan dicanangkannya Kampung KB di Desa Tamarenja dipastikan membawa dampak positif bagi kelangsungan program KB dalam rangka pembangunan keluarga sejahtera. Diharapkan dengan di bentuknya kampung KB di Desa Tamarenja dapat bersinergis dengan program pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup.
Di akhir acara pencanangan Kampu‎ng KB, BKB PP Donggala memberikan soal kepada masyarakat untuk dijawab oleh pengurus KB desa, remaja dan masyarakat umum yang pertanyaannya di bacakan oleh Kepala BKB PP Donggala, Drs. Lasamudia, M.Si, Ketua DPRD Donggala, Moh. Yasin S.Sos, Sekretaris Daerah, H. Aidil Noor, SH, M.Si, mewakili Gubernur Sulawesi Tengah, Ir. Andi Sose Parampasi,M.Si. Dilanjutkan dengan peninjauan lokasi kebun salak kelompok tani Tunas Muda, peletakan batu pertama bantuan pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan penijauan pelaksanaan KB gratis.