Selasa, Januari 28, 2020
Home > Tak Berkategori > Gunakan Indikator Makro Bidang Ekonomi dan Kesra untuk Mengukur Keberhasilan Menyeluruh di Kabupaten Donggala

Gunakan Indikator Makro Bidang Ekonomi dan Kesra untuk Mengukur Keberhasilan Menyeluruh di Kabupaten Donggala

Untuk mengukur keberhasilan menyeluruh dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Donggala, maka yang digunakan pemerintah Kabupaten Donggala adalah capaian Indikator kinerja makro di bidang ekonomi dan di bidang kesejahteraan rakyat (Kesra). Sebagaimana dikatakan Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH belum lama ini, bahwa indikator kinerja makro untuk bidang ekonomi yang paling sering digunakan dan dinilai dapat merepresentasikan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Donggala adalah, Produk Domestik Ragional Bruto (PDRB). Indikator kinerja lain yang terkait dengan kebesaran produk domestik ragional bruto adalah PDRB per kapita dan tingkat pertumbuhan ekonomi.

“Olehnya pelaksanaan pembangunan daerah pada hakekatnya bertujuan untuk meningkatkan tarif hidup dan kesejahteraan rakyat di daerah melalui sistem pembangunan yang serasi da terpadu, baik antara sektor maupun para pelaku pembangunan itu sendiri,” ungkapnya. Angka PDRB per kapita kata Bupati Donggala ini, memperlihatkan rata-rata pendapatan yang diterima oleh masing-masing penduduk dan dapat mempresentasikan tingkat kesejateraan Kabupaten Donggala.

“selaras dengan indikator Kinerja PDRB, kedua indikator kinerja makro ini merepresentasikan keberhasilan atau kegagalan secara hiloktis dari pemerintah Kabupaten Donggala, didalam menjalankan misinya untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat,”kata Bupati. Sementara itu, untuk indikator makro dibidang kesejateraan rakyat lanjut orang nomor satu di kabupaten Donggala itu, mencakup indikator kinerja untuk menilai keberhasilan pembangunan Kabupaten Donggala khususnya dalam meningkatkan kesejateraan rakyat untuk aspek – aspek kependudukan dan pendidikan, serta pembangunan kualitas sumber daya manusia.

capaian kondisi akhir pembangunan ekonomi Kabupaten Donggala mengalami pertumbuhan yang cukup baik, hal ini digambarkan melalui Produk Domestik Ragional Bruto Kabupaten Donggala tahun 2014 yang diukur berdasarkan harga berlaku mencapai Rp. 8,39 triliun, urainya. Hanya lebih jauh dikatakan Bupati Donggala yang terpilih dari jalur Independent ini, bahwa nilai capaian itu mengalami peningkatan sebesar 12,5 persen di banding dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai sebesar Rp. 7,46 triliun sedangkan harga konstan pada tahun 2014, dicapai sebesar Rp. 6.86 triliun. Nilai itu juga katanya mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya harga sebesar Rp. 6,46 triliun, ” dengan demikian secara umu PDRB Kabupaten Donggala pada tahun 2014 baik atas dasar harga berlaku maupun konstans mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” tandasnya.